Jamupedia

Tips Hindari Bau Mulut Saat Puasa

"Sobat pasti sering merasakan bau mulut tak sedap saat menjalani puasa. Terkadang juga bertanya-tanya, padahal sudah gosok gigi kok masih masih bau ya? Lalu apa yang menjadi penyebab bau mulut? Bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui jawabannya, yuk baca ulasan berikut ini!"

Diterbitkan oleh : Riang Ayu  -  27/05/2020 14:20 WIB

1 Menit baca.

Saat menjalankan ibadah puasa mulut akan terasa kering karena air liur berkurang sehingga menyebabkan bau mulut. Namun pada umumnya, bau mulut disebabkan oleh bakter-bakteri yang menempel pada dinding mulut dan sela-sela gigi setelah kita makan. Makanan dengan kandungan gas tinggi juga menjadi pemicu bau mulut tak sedap.

 

Sumber gambar: www.klikdokter.com

Beberapa hal yang menyebabkan bau mulut  dipicu oleh faktor-faktor seperti berikut. 

  1. Sering merokok atau mengonsumsi alkohol.
  2. Makan makanan yang berbau menyengat seperti bawang putih dan petai.
  3. Infeksi atau peradangan pada hidung, rongga sinus, mulut, atau tenggorokan, misalnya pada penyakit radang gusi, sinusitis, dan infeksi amandel.
  4. Menderita penyakit asam lambung, gangguan ginja, atau hati, dan kanker mulut.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, Sobat bisa mengatasi bau mulut saat berpuasa dengan cara berikut ini.

  1. Menyikat gigi dan membersihkan lidah dapat membersihkan sisa makanan tersangkut di mulut yang menjadi pemicu berkembang biaknya bakteri. 
  2. Konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa.
  3. Berkumur dengan mentimun dapat menyegarkan mulut. 
  4. Hindari makanan bergas tinggi saat sahur dan buka puasa, seperti bawang putih, junk food, daging merah, telur dan banyak lainnya. 
  5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi karena bakteri dapat berkembang pesat saat di mulut tersisa makanan manis.
  6. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin tinggi, seperti jeruk, stroberi, pir, jambu biji dan banyak lainnya.
  7. Berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur untuk mengusir bakteri.

Apabila bau mulut tidak juga hilang setelah menggunakan bahan-bahan alami di atas, sebaiknya sobat berkonsultasi ke dokter gigi  untuk mencari tahu penyebab pasti bau mulut yang sobat alami.

 

Sumber: Alodokter.com

Post Terkait

Tips Aman dari Virus Corona Saat Pesan Makanan Online

05 May, 2020

Sebagaimana kita ketahui bahwa virus corona memang tidak dapat menular melalui makanan, melainkan melalui interaksi manusia. Terlebih juga belum ada berita yang mengabarkan mengenai virus corona yang menular melalui makanan. Meskipun demikian, saat memesan makanan online kita tetap harus waspada ...[More]

Tips & Trik Posisi Duduk yang Benar Saat #workfromhome

14 Apr, 2020

Posisi duduk yang benar sangat memengaruhi kinerja sobat saat mengerjakan banyak tugas di rumah.  Jika salah posisi, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tulang punggung dan pinggulmu. Nah, bagaimana caranya supaya bisa bekerja di rumah dengan posisi duduk yang ...[More]

Ramuan Penambah Nafsu Makan

30 Jan, 2020

Daya tahan tubuh secara otomatis akan melemah ketika nafsu makan kita turun. Dalam kondisi seperti itu, badan kita menjadi sangat rentan terserang penyakit. Karena, asupan nutrisi yang diperlukan tidak seimbang, dan sangat kurang. Tetua kita meninggalkan warisan ramuan jamu tradisional ...[More]

Tips Praktis Menyimpan Aneka Bahan Jamu

29 Oct, 2019

Bahan jamu bisa berupa rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, kencur, kunci dan pala. Bahan ini bisa disimpan pada tempat yang tidak terpapar panas matahari langsung dan tidak lembab. Sebaiknya setelah dibeli, segera keluarkan dari kemasannya dan letakkan di tampah atau sejenisnya ...[More]