Jamupedia

Tetap Aman Berbelanja saat Pandemi Corona

"Virus corona yang tengah melanda Indonesia membuat masyarakat was-was untuk keluar rumah. Meskipun begitu, persediaan bahan makan dan kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi sehingga aktivitas berbelanja tidak bisa sepenuhnya ditinggalkan. Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan beberapa tips agar berbelanja tidak menjadi sarana penularan corona"

Diterbitkan oleh : administrator  -  05/05/2020 14:28 WIB

3 Menit baca.

Berbagai upaya untuk memutus rantai virus corona harus terus dilakukan, salah satunya dengan tetap #dirumahaja dan meminimalkan bepergian kecuali untuk kepentingan mendesak. Untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, mau tidak mau kita harus ke luar rumah. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar tetap aman saat berbelanja. Berikut ulasannya.

1. Pastikan dalam kondisi fit saat berbelanja?

Ke luar rumah dalam kondisi tubuh tidak fit akan lebih rentan terpapar virus corona sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh benar-benar fit untuk beraktivitas di luar rumah.

 

2. Berbelanja sendiri

Usahakan untuk berbelanja sendiri tanpa mengajak orang lain. Hal ini akan lebih efisien waktu dan membantu mengurangi jumlah orang atau keluarga yang mungkin terpapar virus corona.?

 

3. Berbelanja pada jam sepi pembeli

Sebisa mungkin rencanakan berbelanja saat jam sepi pembeli untuk menghindari keramaian dan meminimalisir penularan. Hindari berbelanja pada jam sibuk seperti akhir pekan, jam istirahat, jam makan siang, dan sore hari.?

 

4. Jangan lupa pakai masker

Menggunakan masker saat ke luar rumah adalah sebuah kewajiban saat pandemi seperti ini. Usaha kecil yang dilakukan oleh banyak orang dapat membantu pencegahan penularan virus corona. Gunakan masker saat ke luar rumah dan jangan dilepas sebelum sampai rumah kembali.

 

5. Bersihkan gagang troli dengan tisu basah

Untuk mengantisipasi terjadinya penularan melalui barang yang disentuh, pastikan untuk membersihkan gagang troli dengan tisu basah sebelum digunakan. Sebab, virus corona dapat menempel pada benda dan bertahan selama berhari-hari.

 

6. Sentuh barang seminimal mungkin

Sebelum berangkat berbelanja tulis kebutuhan yang hendak dibeli sehingga sampai di tempat perbelanjaan tidak perlu menyentuh barang-barang yang tidak di beli. Pastikan untuk meminimalisir menyentuh barang.?

 

7. Bersihkan barang belanjaan saat sampai di rumah

Sesampainya di rumah segeralah untuk membersihkan barang belanjaan, seperti membuang nota, plastik, masker sekali pakai, dan barang yang tidak dibutuhkan.?

 

8. Cuci bersih buah dan sayuran setelah belanja

Buah dan sayuran yang ada di tempat perbelanjaan tentunya sudah disentuh oleh banyak tangan. Oleh karena itu, cuci bersih? buah dan sayuran setelah sampai di rumah.?

9. Mandi hingga bersih

Udara, debu, dan polusi akan menempel pada tubuh kita saat di luar rumah sehingga tubuh menjadi kotor. Untuk itu, usahakan setelah sampai di rumah lekas mandi hingga bersih agar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel pada tubuh.

 

10. Cuci baju yang dikenakan saat belanja

Saat berada di keramaian atau di luar rumah, bakteri akan lebih mudah menempel. Meskipun belum ada pembuktian virus corona dapat terpapar melalui udara tetapi tidak ada salahnya bila kita tetap selalu menjaga kebersihan. Cuci pakaian yang dikenakan saat berbelanja dan bergantilah dengan pakaian bersih.?

Nah, 10 tips di atas dapat sobat lakukan agar pergi berbelanja tetap aman dari virus corona. Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Daya tahan tubuh yang baik membuat tubuh? lebih resisten terhadap virus corona yang sedang menyebar.?

Post Terkait

Waspada Virus Corona, Yuk Bersihkan Ponsel dan Laptop dari Kuman dan Bakteri!

27 Apr, 2020

Ponsel dan laptop adalah dua benda yang tidak dapat lepas dari genggaman aktivitas harian kita. Padahal, kedua benda ini memiliki kemungkinan menjadi tempat menempelnya kuman atau bakteri dan virus. Menurut penelitian dari Jerman, virus corona bisa hidup di permukaan logam, ...[More]

Khawatir Virus Corona? Bentengi Tubuhmu dengan Jamu!

04 Mar, 2020

Sejak Januari lalu dunia digemparkan oleh virus Corona atau COVID-19 yang mewabah di berbagai belahan dunia. Berawal dari Wuhan, China, virus ini cepat sekali menyebar, ditularkan dari penderita melalui beberapa saluran. Seperti bola salju, korban terus berjatuhan, semakin membesar dan ...[More]

Soliditas dan Solidaritas Bersama, Indonesia Melawan Corona

30 Mar, 2020

Sore ini saya ?tugas negara? untuk menjemput ibu dari sekolah. Maklum, guru memang dijadwal untuk piket, tidak bisa full bekerja dari rumah. Sembari memacu motor dengan kecepatan sedang, saya memperhatikan sekitar. Jalanan sore ini lengang, beberapa tempat yang biasanya menjadi ...[More]

PELIHARA KESEHATAN JIWA KALA COVID-19 MELANDA

30 Mar, 2020

Beberapa negara telah menerapkan sistem ?LOCKDOWN? untuk mencegah penyebaran virus Corona. Mempertimbangkan berbagai hal, presiden Jokowi tidak memilih untuk mengambil kebijakan lockdown, tetapi menerapkan physical distancing atau pembatasan jarak fisik. Upaya penerapan physical distancing ini seperti menutup sementara sekolah, kantor, ...[More]

Rutin Konsumsi Jamu, Bantu Kesembuhan Pasien COVID-19 di Solo

08 Apr, 2020

Purwanti, salah seorang suspect Corona asal Solo yang dirawat di RS Dr. Moewardi Solo dinyatakan sembuh. Purwanti tertular Corona dari Suaminya yang sebelumnya mengikuti seminar di Bogor. Melalui telepon, Purwanti menjelaskan rahasianya sembuh dari Corona kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar ...[More]