Jamupedia

Mengenal Ciri Fisik Tanaman Kencur

" Kencur merupakan jenis empon-empon atau tanaman obat yang sudah sejak lama akrab dengan masyarakat Indonesia. Rimpang kecil dengan segudang manfaat ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tapi, bisakah sobat mengenali rimpang kencur dan membedakannya dengan jenis rimpang yang lain? "

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/02/2020 08:05 WIB

2 Menit baca.

Salah satu cara untuk membedakan rimpang kencur dengan jenis rimpang yang lainnya adalah dari aromanya. Kencur memiliki aroma yang segar dan khas jika dibanding dengan rimpang yang lain. Tetapi, bisakah sobat mengenali kencur dari ciri fisiknya? Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri fisik tanaman kencur mulai dari bunga, daun, hingga akarnya.

Bunga

Bunga kencur berbentuk terompet dengan panjang sekitar 2,5-5 cm. Pada bunganya terdapat benang sari berwarna kuning berukuran sekitar 4 mm dan memiliki putik berwarna putih dan ungu yang menjadi ciri khas bunga kencur.ย  Bunga kencur memiliki aroma yang harum lho sobat.ย ย 

 

Daun

Daun kencur termasuk jenis daun tunggal, berwarna hijau dengan bagian pinggirnya berwarna merah kecoklatan dan bergelombang. Bentuk daunnya bulat melebar dengan ujung meruncing. Daun kencur berukuran panjang sekitar 7-15 cm dan lebar 2-8 cm. Daunnya tumbuh pendek mencapai tanah dan berjumlah 8-10 helai. Warna daun hijau segar dan bertekstur agak tebal. Tangkai daunnya pendek dan berwarna keputihan.ย 

 

Batang

Batang kencur sangat pendek dan terbentuk dari pelepah daun yang saling menutupi. Selain itu, batang kencur merupakan batang semu, tidak keras layaknya batang pada umumnya.

 

Rimpang

Rimpang kencur tumbuh bergerombol di dalam tanah dan sebagian lagi tumbuh di atas tanah. Pada umumnya, rimpang kencur berbentuk bulat dengan warna coklat. Selain itu, ciri khas rimpang kencur adalah memiliki aroma yang cukup tajam. Bagian dalam rimpang berwarna putih kekuningan dan memiliki kandungan air yang cukup banyak.

 

Akar

Hampir sama dengan jenis rimpang lainnya, kencur berakar tunggal dan bercabang halus. Selain itu, akar halus kencur umumnya menempel pada rimpang.

 

Sobat, itulah ciri fisik tanaman kencur. Nah, untuk mengetahui hal lain yang berkaitan dengan kencur, sobat dapat mengunjungi beberapa artikel lain di bawah ini.

 

Kandungan Zat dalam Kencur

Fungsi Kencur dalam Masakan

Kencur dan Persebarannya

 

Daftar Pustaka

Pramudyo, Adi. 2018. Budi Daya dan Bisnis Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur. Jakarta Selatan: PT Agro Media Pustaka.