Jamupedia

Jerawat Membandel di Wajah? Coba Masker Ini!

"Kini bukan saatnya mengatasi jerawat dengan obat-obatan kimia, karena faktanya obat-obatan alami khasiatnya manjur dan terbukti aman. Selain itu, bahan alami mudah ditemukan di mana saja dengan harga yang terbilang murah. Apa saja bahan yang bisa dipakai? Yuk, cari jawabannya!"

Diterbitkan oleh : administrator  -  25/06/2020 09:43 WIB

3 Menit baca.

Beberapa dari sobat pasti sangat jengkel saat melihat wajah dipenuhi dengan jerawat hingga membuat rasa percaya diri berkurang. Namun, sebelum menginjak ke permasalahan lebih lanjut, Sobat harus mengenali dulu penyebab tumbuhnya jerawat. Jadi, salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya membersihkan wajah dengan maksimal setelah memakai make up, terlebih di luar ruangan, di jalanan yang penuh dengan debu sehingga bakteri-bakteri menempel pada wajah. Selain itu, perubahan hormon juga mempengaruhi tumbuhnya jerawat, masa pubertas, penggunaan skincare, stres, merokok, obat-obatan tertentu, dan pola hidup tidak sehat. 

Nah, dari permasalahan tersebut, sobat dapat meminimalisir dengan menghindari faktor-faktor di atas ya. Sementara untuk pengobatan jerawat, Sobat bisa gunakan masker alami berikut ini!

 

1. Masker Lemon

Buah lemon yang memiliki rasa asam nan segar ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain dijadikan minuman pelangsing, lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Lemon mengandung vitamin C sebagai antioksidan dan asam askorbat-L yang mampu menghentikan pertumbuhan jerawat serta menghilangkan bekas jerawat. 

 

2. Masker Strawberry

Buah merah merona dengan bintik-bintik kecil di permukaannya ini memang lezat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan mata. Namun, untuk menghilangkan jerawat buah ini juga tidak kalah ampuh lho. Strawberry mengandung salicylic acid yang baik untuk merawat jerawat dan vitamin C tinggi sebagai antioksidan.

Sumber gambar: www.independent.co.uk

3. Masker Teh Hijau

Selain dijadikan minuman, teh hijau juga terkenal akan khasiatnya mengobati jerawat. Teh hijau  dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan, dan iritasi kulit. Kandungan kafein pada teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibiotik.

Sumber gambar: blog.jaco.co.id

 

4. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan master obat dari segala masalah kecantikan. Pasalnya, lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit. Tak heran, bila bahan satu ini sering dijadikan bahan dasar produk kecantikan. Lidah buaya mengandung polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat membandel serta menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

 

5. Masker Tomat

Buah tomat kerap dijadikan jus dan penambah cita rasa masakan oleh ibu-ibu. Namun, kandungan vitamin A dan C pada tomat mampu mengusir jerawat serta penambah vitamin pada wajah. 

Sumber gambar: distan.sukabumikota.go.id

 

6. Masker Alpukat

Siapa sih yang gak suka sama buah satu ini? Selain mengenyangkan perut, alpukat juga meremajakan kulit lho. Untuk mengatasi jerawat, alpukat mengandung vitamin E tinggi yang mampu merawat jerawat dan menghaluskan kulit wajah. 

Sumber gambar: www.beepdo.com

 

7. Masker Mentimun

Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Kandungan tersebut berperan sebagai penghilang jerawat secara alami.

Sumber gambar: musliminds.wordpress.com

 

8. Masker Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa dijadikan masker jerawat karena mengandung sulfur yang tinggi di dalamnya. Bawang putih juga mengandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan antiseptik yang baik untuk mencegah peradangan pada kulit.

Sumber gambar: jovee.id

 

9. Masker Madu

Madu juga merupakan masterpiece of skincare di kalangan perempuan. Madu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga wajah bebas dari bakteri timbulnya jerawat serta menghilangkan bekas jerawat.

Sumber gambar: palontaraq.id

 

10. Masker Pepaya

Buah yang dikenal sebagai pelancar pencernaan ini juga bisa digunakan sebagai masker penghilang jerawat. Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan jerawat, sekaligus mencerahkan wajah.

Sumber gambar: www.thespruceeats.com

 

Banyak sekali kan bahan yang bisa sobat gunakan untuk menghilangkan jerawat? Jangan lupa, untuk hasil yang maksimal gunakan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Selamat mencoba!

 

Sumber:

Aprllia, Ade. 2019. The Natural Beauty Solution: Organics Skin & Hair Care Recipes. Jakarta: Kompas Gramedia

99.co

Post Terkait

Masker Berbahan Alami Penghilang Jerawat

12 Nov, 2019

Berbagai macam masker alami dipercaya secara turun temurun digunakan untuk perawatan wajah yang berjerawat. Selain tidak mengeluarkan biaya mahal, cara ini dapat dilakukan di rumah. Berikut beberapa bahan yang bisa sobat gunakan sebagai masker alami penghilang jerawat: 1. Lidah Buaya ...[More]

Masker Alami Kaya Manfaat Kembalikan Tumit Cantikmu!

16 Mar, 2020

Beberapa masker alami kaya manfaat untuk kembalikan tumit cantikmu. 1. Masker Alpukat Kandungan vitamin C dan E memberikan nutrisi pada kulit kering. Caranya, blender 1 buah alpukat dan oleskan pada tumit yang pecah-pecah lalu bilas dengan air bersih. 2. Masker ...[More]

Membuat Scrub Wajah dengan Bahan Alami

26 Jun, 2020

Exfoliate merupakan serangkaian perawatan yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti  mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tampilan tekstur kulit sehingga menjadi halus dan lembut. Selain itu, exfoliate dapat membersihkan pori-pori hingga ke dalam, meningkatkan kinerja kulit untuk menghasilkan kulit ...[More]

Jeruk Nipis Pengecil Pori-Pori Wajah

23 Mar, 2020

Memiliki kulit wajah cerah dan bersih adalah dambaan semua orang. Sayangnya, ketika bercermin, pantulan pada cermin seringkali menunjukkan berbagai persoalan kulit wajah yang tidak diharapkan, salah satunya pori-pori yang terlihat membesar. Apakah sobat mengalaminya?  Umumnya permasalahan pori-pori besar dialami oleh ...[More]

Trio Bahan Alami Toner Handmade

28 May, 2020

Toner yang terbuat dari bahan-bahan alami dan mudah dicari, sobat bisa buat sendiri dirumah lho. Selain harganya murah meriah juga aman untuk kulit. Umumnya, toner berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan membersihkan make up. Namun, tidak hanya itu, toner juga berfungsi ...[More]