Jamupedia

Masker Berbahan Alami Penghilang Jerawat

"Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous kulit menghasilkan sebum terlalu banyak sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Karena pori-pori yang tersumbat tersebut, maka akan mengakibatkan munculnya jerawat. Berbagai bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai masker agar kulit kembali sehat dan bebas jerawat"

Diterbitkan oleh : administrator  -  12/11/2019 11:15 WIB

3 Menit baca.

Berbagai macam masker alami dipercaya secara turun temurun digunakan untuk perawatan wajah yang berjerawat. Selain tidak mengeluarkan biaya mahal, cara ini dapat dilakukan di rumah. Berikut beberapa bahan yang bisa sobat gunakan sebagai masker alami penghilang jerawat:

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Caranya, oleskan lidah buaya langsung ke wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain sebagai masker lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pelembab wajah. 

2. Kayu Manis

Kandungan minyak atsiri kayu manis berfungsi sebagai anti peradangan pada kulit. Caranya, haluskan kayu manis dan campur dengan sedikit madu. Aduk merata dan tempelkan pada wajah berjerawat. Diamkan selama 15 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat yang berfungsi untuk menghadang jerawat. Caranya, pilih jeruk nipis tua lalu potong rata. Gosokan pada wajah berjerawat kemudian bilas dengan air bersih.

4. Mentimun

Kandungan Vit A, B1 dan C dalam mentimun dapat menyembuhkan peradangan jerawat yang parah. Caranya, potong mentimun tipis-tipis lalu tempelkan di wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Pilih mentimun yang dingin agar memberi sensasi segar pada wajah.

5. Tomat 

Kandungan likopen pada tomat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan munculnya jerawat. Caranya, pilih tomat segar lalu haluskan. Oleskan pada wajah berjerawat dan diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Cuka Apel 

Cuka apel mengandung senyawa asam organik yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi minyak berlebih. Caranya, tuang 3 sendok cuka apel pada kapas steril dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian keringkan. 

7. Lemon

Kandungan asam askorbat pada lemon ampuh hilangkan jerawat dan bekas jerawat. Caranya, peras 1 buah lemon segar dan airnya oleskan pada wajah berjerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Putih Telur

Kandungan enzim lisozim pada telur putih juga mampu menghilangkan jerawat. Caranya, pisahkan putih telur dari kuningnya. Tambahkan air mawar atau madu atau air lemon lalu diaduk rata. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

Masker-masker ini akan efektif jika sobat juga menjaga kebersihan wajah. Gunakan masker wajah yang sobat pilih secara teratur, dan jangan lupa untuk membilas dengan bersih setelah memakai masker.  

 

Daftar Istilah 

sebaceous: kelenjar minyak

Sebum: minyak yang dihasilkan oleh sebaceous (kelenjar minyak)

Daftar Pustaka:

Hanun, Musyri;ah. 2011. Buku Pengobatan Tradisional dengan Ala Keraton. Yogyakarta: Penerbit Andi

Salim, Rahardjo M. 2012. Khasiat Jamu Jawa: Resep dan Metode penyembuhan Jawa Kuno. Surabaya: Grammatical Publishing

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3771732/7-minuman-ini-akan-membuatmu-bebas-jerawat 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4428393/13-cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami-dalam-waktu-singkat