Jamupedia

 Manfaat Daun Sirih Bagian (3): Kepercayaan Daun Sirih Merah Menurut Suku Jawa

"Daun sirih merah dipercaya memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi di Keraton Yogyakarta. Daun sirih merah digunakan sebagai salah satu bagian penting yang harus disediakan dalam upacara adat ngadi saliro. Air rebusannya yang mengandung antiseptik digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut, ambeien dan bau tak sedap. Lantas apakah hanya itu saja? Berikut ulasannya"

Diterbitkan oleh : administrator  -  20/02/2020 14:23 WIB

2 Menit baca.

Tanaman merambat ini telah dimanfaatkan secara turun temurun oleh generasi terdahulu kita. Manfaat yang mereka dapatkan dari penggunaan daun sirih untuk kesehatan diwariskan dari orang tua kepada anak atau saudara dan lingkungan terdekat melalui lisan. Berikut adalah khasiat sirih merah menurut suku Jawa.

 

1. Ambeien

Kandungan alkaloid sebagai anti mikroba yang dapat membunuh kuman. Caranya dengan merebus 5-10 lembar daun sirih merah hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum sebelum dingin. Lakukan 2-3 kali dalam sehari secara rutin.

2. Diabetes

Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. caranya, rebus 5-10 lembar daun sirih merah hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum sebelum dingin. Lakukan setiap hari secara rutin untuk menurunkan kadar gula.

3. Radang Prostat

Kandungan antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol dapat memperbaiki sel-sel kelenjar prostat agar berfungsi seperti biasa. Caranya, rebus 3-5 daun sirih merah yang masih muda hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minumlah. Lakukan 3 kali sehari secara rutin dan perbanyak minum air putih. 

4. Hipertensi

Kandungan minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Caranya, rebus 3-5 daun sirih dengan madu 2 sdm hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa daun sirih merah dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang dapat melindungi saluran pencernaan. Caranya, rebus 3-5 lembar daun sirih merah hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum. Lakukan sehari sekali secara rutin. 

6. Maag

Kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan maag. Caranya, kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari secara rutin.

7. Penangkal Kanker

Kandungan antioksidan eugenol dapat memerangi radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Caranya, rebus 3-5 lembar daun sirih merah hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum. Lakukan sehari 2-3 kali sehari secara rutin.

Nah, gimana sobat? Banyak manfaat dan mudah dibuat kan? Namun, perlu diingat khasiat daun sirih merah bisa dirasakan maksimal jika dikonsumsi secara rutin. 

Selamat mencoba!

Artikel yang berkaitan:

Manfaat Daun Sirih Bagian (1): Mengupas Tanaman Sirih

Manfaat Daun Sirih Bagian (2): Sembuhkan Penyakitmu dengan Daun Sirih Hijau

Daftar Pustaka:

Elshabrina. 2018. 33 Daun Dahsyat: Tumpas Berbagai Macam Penyakit. Yogyakarta: C-Klik Media

Suparni, Ibunda; Wulandari, Ari. 2012. Herbal Nusantara: 1001 Ramuan Tradisional Asli Indonesia. Yogyakarta: Rapha Publishing

Tilaar, Martha; dkk. The Green Science Of Jamu: Pendekatan Pragmatik untuk Kecantikan & Kesehatan. 2010. Jakarta: Dian Rakyat

Post Terkait

Kolaborasi Randu Sirih Untuk Asma

29 Oct, 2019

Sobat, asma berkaitan erat dengan saluran pernapasan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa asma menjadi salah satu jenis penyakit yang mematikan. Pada umumnya, penderita akan mengalami sesak atau kesulitan bernapas ketika kambuh. Hal itu disebabkan karena adanya penyempitan dan peradangan ...[More]

Manfaat Daun Sirih Bagian (1):

20 Feb, 2020

Tanaman sirih diklasifikasikan menjadi beberapa jenis di antaranya sirih hijau, sirih merah, sirih belanda dan, jenis sirih yang dijadikan sebagai tanaman hias. Dari beberapa jenis daun sirih tersebut, yang kerap dijadikan sebagai obat yaitu sirih hijau dan sirih merah. Sebenarnya ...[More]

Manfaat Daun Sirih Bagian (2):

20 Feb, 2020

Selain untuk kesehatan gigi, berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan.  1. Gusi bengkak Caranya dengan mengunyah daun sirih hijau secukupnya atau berkumur dengan rebusan daun sirih.  2. Keputihan Caranya dengan merebus beberapa lembar daun sirih lalu ...[More]