Jamupedia

Jamu Kunyit Asam Pereda Nyeri Haid

"Nyeri kerap menyerang para perempuan saat haid. Rasa yang muncul sangat menyiksa. Perut kram, nyeri seperti diremas-remas, usus seperti jungkir balik, bisa membuat suasana hati tidak stabil. Masalah ini dapat ditangani dengan minum jamu kunyit asam"

Diterbitkan oleh : administrator  -  13/01/2020 08:31 WIB

2 Menit baca.

Jamu kunyit asam mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai inflamasi mampu menenangkan kontraksi pada perut. Kurkumin mampu menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab peradangan dan nyeri pada perut. Selain itu, sifat analgesik kunyit dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

Jamu kunyit asam dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh karena jamu ini dikenal sebagai sumber estrogen. Sehingga, siklus haid pun menjadi teratur. 

Kurkumin dalam kunyit juga dapat menyeimbangkan zat kimia pada otak agar terhindar dari perubahan suasana hati yang tidak stabil.

Selain itu, jamu kunyit asam berfungsi sebagai antimikroba, antioksidan dan anti peradangan yang dapat melancarkan pencernaan.

Sobat bisa dapatkan jamu kunyit asam di tukang jamu keliling sekitar rumah atau di toko jamu. Bahkan, jamu kunyit asam sudah terjual bebas di online shop seperti, tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain. Namun, untuk sobat yang ingin membuatnya sendiri, caranya mudah kok! Seperti ini:

Bahan:

  1. 20 g kunyit
  2. 5 g jahe
  3. 5 g kencur
  4. 6 g asam jawa
  5. 1 sdt air jeruk nipis
  6. 1 sdm gula 

Cara:

  1. Bersihkan semua bahan-bahan dan potong kecil-kecil.
  2. Masukan kedalam blender: kunyit, jahe dan kencur. 
  3. Tambahkan 1 gelas air matang dan blender.
  4. Saring dan ambil larutannya.
  5. Didalam panci stainless steel, masukan larutan yang sudah disaring dan asam jawa, rebus hingga mendidih selama 5 menit.
  6. Saring dan ambil larutannya, tempatkan dalam gelas serta tambahkan perasan jeruk nipis.
  7. Tambahkan gula merah dan aduk hingga merata. 

Mudah kan? Sobat juga  bisa cek di Channel Youtube JamupediaTV berikut ini

Tapi, jangan lupa untuk subscribe, comment and like, ya! Dan, konsumsi jamu kunyit asam secara teratur, agar terhindar dari nyeri haid dan PMS. 

Selamat mencoba!

Daftar Pustaka:

Suparni, Ibunda; Wulandari, Ari. 2012. Herbal Nusantara: 1001 Ramuan Tradisional Asli Indonesia. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Tilaar, Martha, dkk. 2010. The Green Science Of Jamu: Pendekatan Pragmatik untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jakarta: Dian Rakyat.

Referensi Resep:

Tilaar, Martha. 2009. HEALTHY LIFESTYLE WITH JAMU: Sehat dan CAntik Alami sesuai Siklus Kehidupan. Jakarta: Dian Rakyat.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/khasiat-kunyit-untuk-wanita-haid/  (diakses pada 07 November 2019)

Post Terkait

Biji Asam untuk Gigitan Serangga

25 Nov, 2019

Hampir semua orang pasti pernah tergigit oleh serangga. Akibatnya bermacam-macam, mulai gatal-gatal, bengkak, panas, kesemutan, hingga rasa nyeri pada kulit. Pada umumnya, tindakan yang paling sering dilakukan setelah tergigit serangga adalah mengoleskan salep, mengompres es, hingga mengonsumsi obat tertentu untuk ...[More]

Kunyit Asam dan Daya Tahan Tubuh

12 Nov, 2019

Bermacam cara dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap dalam keadaan prima, mulai dari mengonsumsi makanan sehat hingga cara instan yang berbahaya, minum suplemen buatan, hiiii! Padahal mengonsumsi suplemen buatan bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Daripada mempertaruhkan tubuh dengan ...[More]

Kunyit, Si Pelangsing Alami

29 Oct, 2019

Berat badan yang tidak ideal atau kegemukan merupakan masalah yang cukup serius bagi semua orang, khususnya wanita. Mereka sangat mendambakan bentuk tubuh langsing dan ideal untuk mendapatkan predikat cantik dan seksi. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh tubuh langsing dan ideal, ...[More]

Param Kunyit Anti Reumatik

12 Nov, 2019

Sobat, reumatik secara sederhana adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang otot dan sendi kita. Aktivitas sobat akan sangat terganggu apabila salah satu otot atau sendi pada tubuh kita terserang reumatik. Karena, otot ataupun sendi yang terserang reumatik akan terasa ...[More]