Jamupedia

Seri Suket Teki: Bukan Rumput Pengganggu, Tapi Rumput yang Bisa Dibuat Jamu

"“Banyak orang yang menganggap rumput adalah tanaman liar pengganggu. Nyatanya, tidak semua rumput mengganggu. Malahan rumput dapat dijadikan sebagai tanaman obat atau jamu. Salah satunya, suket teki"

Diterbitkan oleh : administrator  -  27/07/2020 08:37 WIB

2 Menit baca.

KINGDOM

Plantae (Tumbuhan)
DIVISI Magnoliophyta
KELAS Liliopsida
ORDO Cyperales
FAMILI Cyperaceae
GENUS Cyperus
SPESIES Cyperus rotundus L.

 

Klasifikasi Suket Teki (Cyperus rotundus L.)

 

Sumber gambar: https://www.dekoruma.com/

Suket teki (Cyperus rotundus L.) merupakan tanaman herbal yang tumbuh liar di lahan kosong dan sekitaran sawah atau rawa dan dianggap sebagai gulma. Suket teki berasal dari India, namun juga ditemukan di daerah beriklim tropis, subtropis, dan sedang. Tanaman ini mudah ditemukan wilayah yang memiliki iklim tropis, termasuk Indonesia. 

Suket teki hidup di berbagai daerah hingga pelosok Indonesia. Di Jawa suket teki disebut ‘tekan atau teki’. Suket teki juga memiliki beragam nama di setiap daerah, di antaranya ‘karehawai’ (Nusa Tenggara), ‘rukut teki wuta’ (Sulawesi dan Makassar). 

 

Sumber gambar: https://www.dekoruma.com/

Suket teki merupakan tanaman semu menahun yang bukan merupakan keluarga rumput-rumputan. Suket teki memiliki batang segitiga dengan ketinggian 10-75 cm. Tanaman ini mudah dikenali karena bunganya berwarna hijau kecoklatan di ujung tangkai dengan tiga tunas benang sari berwarna kuning. Bunganya mengelompok membentuk seperti payung. Buahnya berbentuk kerucut besar pada pangkal tangkai dan kadang-kadang melekuk berwarna coklat. Daunnya berbentuk pita mengkilap terdiri dari 4-10 helai di setiap tangkainya. Pada rimpang yang sudah tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi berwarna cokat atau hitam. Rasanya sepat kepahit-pahitan dengan aroma wangi. Umbi suket teki dibentuk pertama kali pada tiga minggu setelah tumbuh dan membentuk akar rimpang.

 

Sumber gambar: https://www.dekoruma.com/

Suket teki ternyata bisa digunakan sebagai jamu untuk mengatasi masalah kesehatan seperti, kejang perut, luka, bisul, jerawat, pereda haid, lecet dan masih banyak laiinya. 

Mengapa suket teki dapat dijadikan jamu? Baca artikel berikut ini!

 

Seri Suket Teki: “Ini Lho Kandungan pada Suket Teki!”

Seri Suket Teki: “Suket Teki: Rumput Liar Kaya Manfaat”

Seri Suket Teki: “Suket Teki Bisa dibuat Menjadi Makanan Lho!”

Seri Suket Teki: “Ramuan Suket Teki Pereda Nyeri Haid”

Seri Suket Teki: “Solusi Atasi Jerawat, Ya Suket Teki!”

 

Sumber:

Wikipedia