Jamupedia

Serai Dapur dan Serai Wangi, Serupa tapi Tak Sama

"Sebagian besar orang bahkan tidak menyadari bahwa ada dua jenis serai yang tumbuh di sekitar kita. Sekilas keduanya memang terlihat sama, tapi sebenarnya dua klasifikasi yang berbeda. Dua jenis serai tersebut adalah serai dapur dan serai wangi. Manakah yang sering sobat gunakan untuk memasak?"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  20/02/2020 13:58 WIB

2 Menit baca.

Sobat, pernahkah kalian mendengar nama serai wangi dan serai dapur? Ya, dua nama tersebut adalah jenis serai yang ternyata memiliki perbedaan dalam hal fisik,  fungsi, dan kandungannya. 

Sekilas penampakan fisik serai wangi dan serai dapur terlihat hampir sama. Tetapi, jika kita lihat lebih seksama, akan terlihat perbedaannya. Serai wangi memiliki daun yang lebih panjang daripada serai dapur. Panjang daun serai wangi bisa mencapai 90 hingga 100 cm. Selain itu, biasanya daun serai wangi akan melengkung ke bawah hingga menyentuh tanah. Berbeda dengan serai wangi, serai dapur memiliki daun yang relatif lebih pendek dan tumbuh lebih tegak.

 

Selain perbedaan pada struktur daun, serai wangi dan serai dapur juga memiliki perbedaan dalam hal kandungan zat di dalamnya. Kandungan utama serai wangi adalah citronella, sedangkan kandungan utama serai dapur adalah sitral. Perbedaan kandungan zat inilah yang kemudian membedakan fungsi serai wangi dan serai dapur.

 

Serai dapur memiliki aroma yang mirip lemon sehingga sering pula disebut dengan istilah lemongrass, sedangkan serai wangi sering disebut dengan istilah sitronella. Serai dapur dimanfaatkan sebagi bumbu dapur (untuk masakan atau pun minuman), sedangkan serai wangi lebih banyak diambil minyak atsirinya, salah satunya adalah untuk komposisi minyak tawon, minyak telon, dan minyak gandapura. 

 

Selain dengan melihat fisik tanamannya, sobat bisa membedakan serai dapur dan serai wangi dengan mencium aromanya. Aroma serai wangi akan tercium jauh lebih semerbak dibandingkan dengan serai dapur. Sobat dapat melakukan simulasi dengan membeli dua jenis serai, kemudian geprek dan cium aromanya. Aroma serai wangi akan tercium mirip dengan minyak tawon, minyak telon, atau minyak gandapura.

 

Sudah tau perbedaannya kan, sobat? Jadi, jangan salah beli, ya!

 

Daftar pustaka

https://bibitbunga.com/product/tanaman-serai-wangi-merah-minyak/

http://www.gagaspertanian.com/2019/08/perbedaan-sereh-wangi-dan-sereh-dapur.html

http://lipi.go.id/berita/cymbopogon-nardus-l.-rendl.-poaceae-serai-wangi/7658

https://www.sainspedia.web.id/2019/10/perbedaan-serai-wangi-serai-dapur.html

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.