Jamupedia

Atasi Flu Ringan dengan Sambiloto

"Musim hujan adalah saat di mana kita malas untuk beraktivitas. Rebahan di Kasur dan menikmati tontonan dari Netflix seakan menjadi hobi mendadak. Tapi tahukah sobat bahwa kurang beraktivitas dapat menurunkan daya tahan tubuh? Apalagi di musim hujan. Kita akan menjadi lebih rentan terserang flu"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  26/06/2020 10:34 WIB

3 Menit baca.

Flu memang bukan penyakit berat dan membahayakan. Namun keluhan flu juga tidak bisa diremehkan. Umumnya saat Sobat terkena flu Sobat akan merasakan kondisi badan yang tidak nyaman yang ditandai dengan gejala sakit tenggorokan, bersin-bersin, badan terasa pegal, atau hidung berlendir. 

Jika gejala awal tersebut tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan flu akan menjadi lebih parah dan memaksa Sobat untuk rehat dari aktivitas sejenak. Gejala flu ringan dapat diatasi dengan istirahat cukup, banyak minum air putih, dan menjaga pola makanan bergizi. 

Sumber gambar: thegorbalsla.com

Sobat juga dapat memanfaatkan tanaman obat keluarga untuk mengatasi gejala awal flu ringan. Tanaman obat yang dikenal memiliki khasiat untuk meredakan flu ringan salah satunya adalah daun sambiloto. Daun ini mungkin cukup asing terdengar di telingan kita, tetapi cukup familiar di kalangan herbalis dan sering dimanfaatkan untuk pengobatan. 

Daun sambiloto memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk melawan flu dan demam. Nah, untuk membuat ramuan sambiloto, berikut adalah bahan dan cara pembuatannya. 

Bahan:

  1. Daun sambiloto segar 30 gr
  2. Air matang 110 ml (1 cangkir)

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih daun sambiloto.
  2. Tumbuk hingga halus dan tambahkan air.
  3. Saring air tumbukan.
  4. Minum 2 kali sehari sebelum makan.

 

https://www.honestdocs.id/daun-sambiloto-khasiat-manfaat