Jamupedia

5 Pilihan Menu Sehat Saat Buka Puasa

"Menjalani ibadah puasa memang membutuhkan energi yang cukup agar kuat hingga waktu tiba. Selama hampir 13 jam tubuh kita tentu tidak mendapatkan asupan nutrisi yang menyebabkan tubuh terasa lemas, mengantuk dan tidak berenergi. Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam tubuh menurun, sehingga energi pada tubuh juga ikut menurun."

Diterbitkan oleh : Riang Ayu  -  10/05/2020 17:07 WIB

2 Menit baca.

Berbuka puasa dengan yang manis-manis sebetulnya merupakan salah satu anjuran untuk menggantikan energi yang hilang. Setelah berpuasa rasanya akan lebih menyegarkan bila berbuka dengan yang manis-manis.  Seperti es kolak, es teh manis, pisang goreng, es buah dan banyak lainnya. 

Namun, perlu sobat tahu buka puasa dengan yang manis-manis belum tentu manis untuk kesehatan tubuh lho. Sebab, jika kita berbuka dengan yang manis-manis setiap hari malah membuat kadar gula dalam tubuh naik yang menyebabkan diabetes.  Oleh karena itu, untuk menggantikan energi yang hilang cukup dengan mengonsumsi air putih dua gelas. Selain itu, berikut 5 menu buka puasa sehat yang bisa menjadi pilihan sobat!

 

1. Buah Kurma 3 Butir

Kurma seperti menjadi pembuka wajib menu buka puasa. Kurma mengandung banyak energi dan serat sehingga dapat mencegah makan berlebih. Selain itu, kurma mengandung zat besi cukup tinggi yang baik dikonsumsi untuk penderita anemia. 

sumber: https://mamikos.com/

2. Jamu 

Jamu terbuat dari empon-empon yang merupakan bahan alami dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Saat berbuka puasa sobat harus memilih jamu yang pas untuk dikonsumsi. Dan yang terpenting, pilihlah jamu yang memiliki rasa manis seperti jamu beras kencur.

Sumber: https://bobo.grid.id/

3. Sop Buah, Es Buah dan Salad Buah

Seperti halnya kurma, buah-buahan merupakan menu buka puasa yang cocok sebelum menyantap makanan berat. Buah mengandung vitamin, serat dan gula untuk mengganti energi yang hilang dan membuat kenyang lebih lama. Namun, lebih baiknya bila membuat takjil sendiri agar lebih higienis serta tidak ada tambahan pewarna.

Sumber: https://lifepal.co.id/

 4. Puding Buah

Pilihan menarik nan sehat berikutnya adalah puding buah. Sobat bisa membuat sendiri di rumah  dengan komposisi rendah gula dan saus puding/vla dari susu rendah lemak sehingga lebih sehat dikonsumsi saat buka puasa. Pilihlah buah yang yang manis-manis untuk menggantikan energi tubuh yang hilang.

Sumber: resepkoki.id

 

5. Bubur Kacang Hijau 

Menu buka puasa satu ini sebagai menu sehat karena mengandung mineral dan sumber protein sebagai antioksidan, anti inflamasi dan proses metabolisme tubuh. Mineral yang terdapat pada kacang ijo dapat menghambat oksidasi kolesterol jahat pada tubuh. 

Sumber: www.happyfresh.id

Daftar Pustaka:

Halodoc.com

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.