Jamupedia

Bukan Sekadar Tanaman Liar, Krokot Punya Banyak Manfaat

"Krokot menjadi salah satu tanaman yang diprioritaskan oleh WHO karena mengandung berbagai mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh”"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  28/08/2020 10:18 WIB

3 Menit baca.

Krokot memang bukanlah tanaman utama yang sengaja ditanam untuk diambil manfaatnya. Rata-rata orang memiliki tanaman krokot di pekarangan atau halaman rumahnya karena memang tumbuh liar kemudian dibiarkan karena bunganya yang cantik dan berwarna warni. Karakteristik tanaman ini memang mudah tumbuh di mana saja,  bahkan di sela-sela selokan sekalipun. 

 

 

Krokot pada masa lalu cukup terkenal di kalangan anak-anak. Mereka memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan jangkrik yang mereka pelihara. Selain dimanfaatkan sebagai makanan jangkrik, sebagian kecil masyarakat juga mengolah krokot menjadi olahan sayur dalam pecel. Seiring berjalannnya waktu, melalui berbagai penelitian ditemukan bahwa krokot tak hanya tanaman liar tanpa manfaat. Kandungan mineral dan vitamin pada krokot dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Sumber gambar: worldofsucculents.com

Seperti dikutip dari satuharapan.com, beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji khasiat dari krokot. Mulai dari Universitas Negeri Surabaya yang meneliti ekstrak krokot untuk menghambat bakteri aureus hingga Universitas Sam Ratulangi yang meneliti ekstrak krokot untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Selain dua manfaat yang telah disampaikan, krokot juga masih banyak memiliki khasiat, seperti:

  1. Mengobati disentri
  2. Menyembuhkan diare akut
  3. Menyembuhkan radang usus buntu
  4. Menyembuhkan radang payudara
  5. Mencegah keputihan
  6. Mencegah gangguan sistem saluran kencing
  7. Menyehatkan jantung
  8. Menurunkan berat badan
  9. Menyehatkan kulit
  10. Menghambat pertumbuhan tumor
  11. Meningkatkan sirkulasi darah

 

Dikutip dari jogja.tribunnews.com, daun krokot memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Selain itu, krokot juga mengandung garam kalium, dopamine, dopa, nicotin, tannin, acid, serta vitamin A, B, dan C. Banyaknya kandungan mineral dan vitamin itulah yang membuat krokot memiliki banyak manfaat dan khasiat.

 

Daftar Pustaka

Suparni, Ibunda, dan Ari Wulandari. 2012. Herbal Nusantara: 1001 Ramuan Tradisional Asli Indonesia. Rapha Publishing. Yogyakarta.

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/krokot-disebut-who-tanaman-obat-prioritas

https://jogja.tribunnews.com/2019/07/08/manfaat-daun-krokot-untuk-tubuh-kesehatan-jantung-mata-hingga-mencegah-berbagai-penyakit?page=all

https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-daun-tanaman-krokot/

https://www.egindo.co/8-manfaat-tanaman-krokot-bagi-kesehatan/