Jamupedia

Mengenal Jenis Krokot yang Berkhasiat Obat

"Tanaman yang banyak tumbuh liar di lahan-lahan kosong dan di sela-sela retakan selokan ini banyak diabaikan masyarakat. Padahal, WHO telah menetapkan krokot sebagai salah satu daftar tanaman yang diprioritaskan"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  08/09/2020 10:25 WIB

3 Menit baca.

Krokot, tanaman yang sering tumbuh liar ini beberapa waktu terakhir naik kelas menjadi tanaman hias. Bunga krokot yang mungil dan berwarna-warni memang terlihat menarik untuk menjadi hiasan yang mempercantik teras atau halaman rumah. Tak heran banyak yang kemudian menanamnya di pot, terlebih tanaman ini memang mudah sekali tumbuh.

Ternyata, dibalik bunga-bunganya yang cantik dan menarik, tanaman krokot memiliki khasiat untuk pengobatan, lho. Bahkan, krokot telah ditetapkan sebagai salah satu daftar tanaman prioritas dari WHO. Ada beberapa jenis krokot di sekitar kita, krokot jenis apakah yang dapat dimanfaatkan? Perlu untuk Sobat ketahui, krokot yang banyak dimanfaatkan adalah jenis krokot Portulaca Oleracea.

 

Krokot jenis Portulaca Oleracea memiliki ciri-ciri morfologi sebagai berikut.
Daun
Daun krokot jenis ini berbentuk bulat oval, ujung daun tumpul dan berwarna hijau kemerahan di bagian tepi daun. Panjang daun kira-kira 1-3 cm dan langsung menempel pada batang atau cabang tanaman.

Bunga
Bunga berwarna kuning, tersusun majemuk, dan ditopang oleh kelopak bunga berwarna hijau. Susunan helai bunga melingkar dengan ukuran kurang lebih 1 cm.

Batang
Krokot memiliki batang berwarna merah keunguan dengan diameter 0,5-1 cm. Batangnya tumbuh merambat hingga mencapai panjang 20-50 cm.

Buah
Buah krokot berwarna hijau dan berbentuk kotak.

Akar
Akar krokot berupa akar serabut bercabang-cabang memanjang ke dalam tanah.

Krokot jenis Portulaca Oleracea memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti omega-3, kalsium, fosfor, vitamin A, magnesium, natrium, dan asam oksalat. Berbagai kandungan dalam krokot itulah yang kemudian menjadikan tanaman krokot berkhasiat. Khasiat tersebut, antara lain menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan usus,menyehatkan indra penglihatan, antikanker dan antitumor, menjaga kesehatan kulit, mengobati disentri, menyehatkan jantung, dan menyehatkan pertumbuhan rambut.

Berikut kami kutipkan resep ramuan dari buku 100 Plus Herbal Indonesia untuk mengobati disentri (herba berupa serbuk)

Bahan

Batang dan daun krokot 15 gr
Daun jambu 10 gr
Daun gaharu 5 gr
Sambiloto 5 gr

Cara membuat

Rebus 500 ml air
Masukkan semua bahan, rebus hingga mendidih menggunakan api kecil
Dinginkan air rebusan kemudian saring
Konsumsi 3 kali sehari

Daftar Pustaka

100 Plus Herbal Indonesia Bukti Ilmiah & Racikan. Trubus Vol. 11

https://www.idntimes.com/health/fitness/iip-afifullah/manfaat-hebat-daun-krokot-exp-c1c2/5
https://jogja.tribunnews.com/2019/02/12/sejumlah-manfaat-daun-krokot-bagi-kesehatan-tubuh
https://www.kompasiana.com/darwonogurukita/5c8d294f0b531c778560a6b8/krokot-untuk-jantung-dan-kardiovaskular
http://www.satuharapan.com/read-detail/read/krokot-disebut-who-tanaman-obat-prioritas