Jamupedia

Series Tanaman Katuk (2) Daun Katuk, Sahabat Ibu Menyusui

"ASI merupakan kebutuhan bayi yang akan turut mempengaruhi perkembangan otaknya. Perkembangan anak usia 0-3 tahun merupakan masa-masa kritis yang disebut dengan golden age atau golden moment. Dalam masa ini jumlah sel-sel yang terdapat pada otak akan cepat berkembang apabila mendapat asupan ASI yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI adalah dengan mengonsumsi katuk"

Diterbitkan oleh : administrator  -  30/05/2020 18:42 WIB

2 Menit baca.

Daun katuk mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Katuk juga mengandung karoten dan protein tinggi yang membantu meningkatkan produksi ASI. Kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi untuk tumbuh dan berkembang.?

Tidak hanya itu saja, katuk juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin E yang baik untuk kesehatan ibu. Selain baik untuk produksi ASI daun katuk juga memiliki manfaat bagi kesehatan ibu menyusui. Simak ulasan berikut!

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada katuk dapat menajamkan penglihatan serta merawat kesehatan mata saat mengandung atau pun setelah persalinan.?

 

2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B pada katuk dapat menjaga kestabilan metabolisme tubuh yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak rentan sakit.?

 

3. Membuang Racun pada Tubuh

Kandungan klorofil pada katuk berfungsi sebagai detoksifikasi yakni untuk membersihkan sekaligus membuang racun yang bersarang di tubuh.

 

4. Sumber Oksigen dalam Tubuh

Kandungan zat besi pada katuk dapat menyebarkan oksigen ke dalam tubuh secara menyeluruh sehingga, bayi dapat terhindar dari masalah kekurangan oksigen.

 

5. Terhindar Dari Virus Flu

Kandungan efedrin pada katuk dapat menjauhkan virus influenza dari tubuh ibu menyusui.?

 

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi daun katuk dan makanan bergizi lainnya tentu akan menjaga kesehatan Moms saat menyusui dan meningkatkan produksi ASI. Sehingga, si baby turut terjaga kesehatannya.?

 

Sumber:

Widyanti, Elok. 2015. Tanaman Untuk Pelancar Asi di Sekitar Kita. Tawangmangu: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat tradisional

Halodoc.com (Diakses pada 12 Mei 2020)

 

ARTIKEL BERKAITAN:

Yuk, Mengenal Daun Katuk!

Cara Mudah Menanam Tanaman Katuk Sendiri di Rumah

Variasi Resep Makanan Daun Katuk Lezat, Asupan ASI Booster ? Bobor Katuk Podomoro

5 Variasi Resep Makanan Daun Katuk Lezat, Asupan ASI Booster ? Sayur Bening Katuk Jagung Manis

5 Variasi Resep Makanan Daun Katuk Lezat, Asupan ASI Booster ? Sambal Goreng Daun Katuk Dan Hati Ayam

5 Variasi Resep Makanan Daun Katuk Lezat, Asupan ASI Booster ? Rolade Daun Katuk

5 Variasi Resep Makanan Daun Katuk Lezat, Asupan ASI Booster ? Kue Daun Katuk