Jamupedia

Bunga Kenop Pereda Bisul

"“Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan. Penyebab utama dari bisul adalah bakteri jenis staphylococcus aureus yang menginfeksi melalui luka gores atau gigitan serangga.”"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  25/11/2019 10:23 WIB

2 Menit baca.

Meskipun tidak berbahaya, bisul sangat menyebalkan. Bisul dapat tumbuh dimanapun dan sering kambuh. Bisul menyebabkan rasa nyeri pada bagian kulit yang terkena bisul. Bisul juga bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Pengobatan bisul bisa dilakukan dengan mengoles salep, mengompres menggunakan air hangat hingga mengonsumsi obat untuk mengurangi peradangan. beberapa orang juga membersihkan bisul dengan menggunakan alkohol atau sabun anti bakteri. Hal lain yang paling penting untuk diingat, jangan pernah sekali-sekali memecah dan memencet bisul secara paksa. Hal tersebut tidak mempercepat proses penyembuhan bisul, justru akan menjadikan masalah baru bagi kita, yaitu infeksi pada kulit.

Cara lain untuk mengobati bisul, yaitu menggunakan ramuan tradisional. Bahan utama dari ramuan tradisional ini adalah tanaman bunga kenop. Tanaman ini banyak tumbuh liar di sekitar kita, dan kerap digunakan sebagai tanaman hias. Sobat cukup menyiapkan satu tanaman bunga kenop segar. Selanjutnya ada dua cara yang dapat dilakukan dalam membuat ramuan. Cara yang pertama, tumbuk atau giling tanaman bunga kenop hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul. Cara yang kedua, rebus tanaman bunga kenop segar dan gunakan air rebusan untuk mencuci bisul

Praktis bukan? Sobat sehat tinggal memilih cara pertama atau kedua untuk mengobati bisul menggunakan tanaman bunga kenop. Sobat pun tidak perlu khawatir tidak menemukan tanaman ini. Karena, tanaman bunga kenop sudah tersedia di beberapa aplikasi toko online. 

 

Daftar Pustaka

Ulung, Gagas., Wahyu, Ami. 493 Resep Ramuan Herbal Berkhasiat untuk Cantik Alami Luar Dalam. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

https://www.alodokter.com/bisul (diakses pada tanggal 31 Oktober 2019)

https://hellosehat.com/penyakit/bisul/ (diakses pada tanggal 31 Oktober 2019)