Jamupedia

Atasi Insomnia dengan Kayu Putih

"Tidur merupakan aktivitas untuk mengembalikan stamina setelah tubuh lelah bekerja. Hampir semua orang mengharapkan tidur nyenyak, baik siang maupun malam. Akan tetapi, bagi penderita insomnia tidur nyenyak dan mudah menjadi hal mewah yang butuh diupayakan"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/02/2020 08:11 WIB

3 Menit baca.

Dalam dunia kesehatan, durasi tidur terbaik adalah selama 7 hingga 8 jam per hari. Akan tetapi, rekomendasi lama durasi tidur juga tergantung dengan usia masing-masing. Contohnya, rekomendasi kebutuhan tidur balita dan remaja akan sangat berbeda durasinya. Balita membutuhkan waktu 11-14 jam setiap harinya untuk tidur, sedangkan bagi remaja, durasi yang diperlukan sekitar 8-10 jam.

 

Tidur menjadi aktivitas biasa yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak sulit untuk mengistirahatkan fisik dengan memejamkan mata secara rileks. Terlebih setelah seharian penuh beraktivitas, umumnya seseorang lebih mudah untuk tidur karena badannya dalam kondisi lelah. Sayangnya, untuk beberapa orang dengan gangguan insomnia, mereka sulit untuk tidur meskipun memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. 

 

Beberapa penyebab seseorang terkena insomnia, yaitu stress, kecemasan, kebiasaan tidur yang buruk, kafein dan alkohol, kebanyakan makan, penggunaan obat, serta gaya hidup yang tidak sehat. Nah, bagi sobat sehat yang menderita insomnia, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan yang dapat menyebabkan insomnia.

Sumber gambar: http://www.dianjuarsa.com/

Selain mengurangi kebiasaan yang dapat menyebabkan insomnia, sobat juga dapat mengatasi insomnia lho. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan kayu putih. Kandungan zat dalam kayu putih dipercaya mampu mengatasi masalah insomnia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, sobat dapat meracik sendiri di rumah jika mengalami masalah kesulitan tidur. Berikut adalah bahan dan cara pembuatan jamu anti insomnia.

Bahan:

  1. Kulit kayu putih kering 9 gr
  2. Air 2 gelas

Cara pembuatan:

  1. Bersihkan kulit kayu putih yang akan dipakai
  2. Potong kecil-kecil 
  3. Rebus potongan hingga mendidih dan menyisakan air 1 gelas
  4. Saring air rebusan
  5. Konsumsi masing-masing ½ gelas 2 kali dalam sehari

 

Nah, jika sobat mengalami insomnia, sobat dapat membuat ramuan tersebut di rumah. Tentunya juga usahakan untuk menghindari berbagai penyebabnya.

 

Daftar pustaka

Sarastwati, Lastika dan Faiha, Andri. 2019. Sehat dan Bugar dengan Obat Herbal. Yogyakarta: Penerbit    Briliant.

https://www.alodokter.com/jangan-abaikan-gangguan-tidur-ini-efek-buruknya

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/durasi-waktu-tidur-sesuai-usia-tak-semua-butuh-8-jam-tidur/

https://www.alodokter.com/insomnia

https://hellosehat.com/penyakit/insomnia/