Jamupedia

5 Perawatan Kecantikan Tradisional Asli Indonesia

"Indonesia memiliki bermacam-macam perawatan kecantikan tradisional yang muncul dari kearifan budaya nenek moyang. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan masih tetap lestari sampai sekarang"

Diterbitkan oleh : Farida  -  18/10/2021 09:00 WIB

3 Menit baca.

Perawatan kecantikan sudah ada sejak zaman dahulu. Meski sekarang sudah banyak perawatan kecantikan modern, metode tradisional masih tetap memiliki banyak peminat. Beruntungnya kaum perempuan di Indonesia, berkat keberagaman suku dan sumber daya alam yang ada, Indonesia memiliki banyak jenis perawatan kecantikan tradisional yang semuanya menggunakan bahan alami. Di bawah ini Jamupedia akan membahas 5 perawatan kecantikan tradisional khas Indonesia.

Sumber gambar: www.kompas.com
  1. Lulur (Ngadi Saliro) Khas Jawa

Bisa dibilang istilah lulur adalah istilah perawatan kecantikan yang paling populer di Indonesia. Dikutip dari karya ilmiah berjudul Uji Angka Lempeng Total dan Identifikasi  Staphylococcus Aureus Pada Lulur Tradisional, karya Asri Novitasari Ni Komang, 2018, diungkapkan bahwa lulur adalah kosmetika yang digunakaan untuk merawat dan membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati. Resep lulur biasanya diwariskan secara turun temurun.

Sumber: berkeluarga.id

Lulur khas Jawa juga biasa disebut dengan istilah Ngadi Saliro. Istilah tersebut berasal dari falsafah Ngadi Salira Ngadi Busono. Ngadi Salira membahas cara mempercantik diri, sedangkan Ngadi Busono membahas tentang cara berbusana yang baik dan benar

Dahulu tradisi lulur hanya dilakukan oleh putri-putri kerajaan di Jawa, namun semakin ke sini penggunaanya semakin luas hingga sekarang bebas digunakan. Lulur khas Jawa ada bermacam-macam jenis, salah satunya Lulur Kuning yang terbuat dari campuran kunyit, tepung beras, temu giring, dan daun pandan.

  1. Tangas Khas Betawi

Tangas merupakan perawatan kecantikan tradisional khas Suku Betawi. Seperti dikutip dari laman kebudayaanbetawi.com, Tangas lebih ditujukan untuk perempuan Betawi yang akan menikah. Perawatan Tangas dilakukan seperti mandi uap dengan campuran berbagai macam rempah.

Sumber: www.ayonews.com

Berbeda dengan lulur khas Jawa, Tangas memiliki empat tahapan saat perawatan. Awalnya kita akan diajak melakukan peregangan ringan, membersihkan diri dan mencuci kaki, kemudian baru dilakukan pijatan inti. Setelah itu kita akan dilulur menggunakan Daun Beluntas. Setelah bersih, rangkaian Tangas ditutup dengan mengonsumsi jamu.

  1. So’oso Khas Madura

Perawatan kecantikan khas Madura ini memiliki berbagai filosofi. Seperti dimuat laman Tabloid Bintang, So’oso memiliki arti sren-asren yang berarti indah dan sedap dipandang. Tak hanya itu ada juga filosofi lain dari tujuan So’oso yakni maradin robe, mabagus salera, artinya mempercantik wajah, memperbagus muka. Cara So’oso dibuka dengan merendam kaki dan memijat badan secara menyeluruh menggunakan ramuan khusus. Kemudian badan diberi lulur hitam khas madura. Setelah dilulur kita akan diajak bersauna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Setelah sauna, tubuh kita akan discrub untuk membersihkan semua kotoran yang menempel pada badan.

Sumber: www.wowkeren.com
  1. Boreh Khas Bali

Boreh merupakan perawatan kecantikan khas Bali yang secara umum mirip tradisi perawatan luluran khas Jawa. Tujuan boreh untuk merawat dan mencerahkan kulit. Laman Indonesia Travel menyebutkan ramuan yang digunakan pada Boreh lebih bersifat kental menyerupai pasta. Setelah dibalurkan ke sekujur tubuh dan mengering, Boreh biasanya dibilas menggunakan air mawar.

Sumber: getlost.id
  1. Batimung Khas Suku Banjar

Mari kita terbang ke Pulau Kalimantan, Indonesia memiliki perawatan kecantikan tradisional bernama Batimung. Perawatan ini dikenal sebagai perawatan khas Suku Banjar. Dikutip dari Fimela.com, Batimung merupakan ritual wajib bagi calon pengantin perempuan Banjar. Tradisi batimung biasanya dilakukan 3-7 hari sebelum pernikahan. Batimung menggunakan rempah yang beberapa di antaranya hanya ada di Kalimantan. Ramuan tersebut akan direbus kemudian calon pengantin akan dipaparkan pada uapnya layaknya sauna. Uap dari ramuan khusus itu dipercaya dapat menghilangkan bau badan, menyegarkan tubuh dan mengeluarkan racun.

 

 

Itulah lima perawatan kecantikan tradisional asli Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak perawatan kecantikan tradisional lainnya, kita bahas lain waktu ya Sobat Jamupedia.