Jamupedia

Tenangkan Diri dengan Pilis Bersalin

"Pilis adalah satu jenis jamu pasca-bersalin yang dipakai dengan cara dioleskan pada dahi. Bentuknya berupa bubuk padat yang nantinya dilarutkan dengan sedikit air hingga mengental. Pilis memiliki efek dingin di dahi dan aroma dari bahan-bahan alaminya membuat ibu merasa lebih rileks."

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  15/07/2021 12:03 WIB

2 menit Menit baca.

Beberapa artis tanah air memposting foto memakai pilis usai melahirkan, sebut saja Sarwendah, Ayu Dewi, Syahnaz, Paula Verhoeen, Ussy Sulistyawati, dan Vicky Shu. Lalu, untuk apa sih sebenarnya pilis?

Jika Sobat tinggal di wilayah Jawa, mungkin Sobat tidak akan asing dengan penggunaan pilis oleh ibu-ibu pasca-melahirkan. Apalagi di daerah pedesaan, Sobat masih bisa menemukan bahwa penggunaan pilis bukan suatu hal yang asing. 

Pilis adalah satu jenis jamu pasca-bersalin yang dipakai dengan cara dioleskan pada dahi. Bentuknya berupa bubuk padat yang nantinya dilarutkan dengan sedikit air hingga mengental. Pilis memiliki efek dingin di dahi dan aroma dari bahan-bahan alaminya membuat ibu merasa lebih rileks.

 

Sumber gambar: www.brilio.net

Pilis sangat mudah dibuat dan digunakan. Umumnya, pilis terbuat dari campuran aneka rempah dan rimpang, seperti kunyit, kencur, daun mint, bunga kenanga, dan aneka bahan lainnya. Semua bahan yang telah disediakan selanjutnya ditumbuk hingga halus untuk siap digunakan, dioleskan ke dahi.

Pada saat pilis digunakan, ibu pasca-bersalin akan menjadi lebih tenang dan rileks. Efek pilis dapat menghilangkan rasa pening pasca-bersalin. Selain itu, pilis juga dapat menjaga kesehatan mata, mengobati sakit kepala, hingga mencegah naiknya darah putih ke kepala.

Dikutip dari linisehat.com, minyak esensial pada pilis yang masuk dalam aliran darah melalui kulit akan memberikan efek farmakologis yang cukup menonjol untuk mengobati rasa sakit, kegelisahan, gangguan tidur, hingga depresi.

Jadi, sangatlah tepat jika ibu pasca-bersalin memanfaatkan pilis sebagai bentuk terapi untuk menenangkan diri. Hal ini mengingat umumnya ibu pasca-bersalin akan mengalami rasa lelah, stres, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, jika Bunda memiliki keluhan kesehatan tertentu,  konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan pilis untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ya, Bund.

 

Daftar Pustaka

https://linisehat.com/mengenal-pilis-si-jamu-oles

https://www.ayahbunda.co.id/kelahiran-gizi-kesehatan/amankah-perawatan-tradisional-pasca-

https://parenting.dream.co.id/diy/pilis-tapel-hingga-bengkung-manjakan-ibu-setelah-persalinan-171212q.html

https://www.motherandbaby.co.id/article/2020/1/6/14205/Manfaat-Kompres-Pilis-yang-Dipakai-Paula-Verhoeven

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.