Jamupedia

Tak Bohong, Atasi Herpes dengan Daun Binahong!

"Pada tahun 1950 – 1970 daun binahong digunakan oleh orang-orang Vietnam saat perang melawan Amerika Serikat sebagai obat pemulihan stamina tubuh. Daun binahong juga dikenal oleh bangsa Cina dan telah dikonsumsi oleh beberapa negara, seperti Taiwan, Tiongkok, dan Korea. Di Indonesia sendiri, daun binahong digunakan sebagai obat herbal oleh tetua kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit herpes"

Diterbitkan oleh : Riang Ayu  -  20/02/2020 11:18 WIB

X Menit baca.

Penyakit herpes atau orang menyebutnya dompo merupakan penyakit meradang di permukaan kulit. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bintik-bintik kecil dan bergelembung berisi air. Rasanya gatal, panas dan nyeri. Area yang disukai herpes yaitu area yang lunak dan daerah lipatan, seperti perut, dada, ketiak, leher hingga menjalar ke wajah. 

Penyakit herpes disebabkan oleh virus herpes simplex atau HVS yang menyerang tubuh saat sistem imun  lemah atau menurun. Jadi, saat sistem imun sobat lemah, virus akan sangat rentan menyebar ke beberapa bagian pada tubuh. Bagi sobat yang pernah mengalami herpes, kemungkinan besar akan kerap diserang oleh virus ini ketika sistem imun lemah. 

Pengobatan herpes dapat diatasi dengan daun binahong yang mudah sobat dapatkan di sekitar rumah. Daun binahong mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan flavonoid daun binahong dapat melawan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh. Selain itu, kandungan hidrokarbon isometriknya dapat membantu tubuh memulihkan stamina saat keadaan sakit. 

Ada dua cara pemakaian daun binahong, yaitu untuk obat luar dan obat dalam. Pemakaian untuk obat luar caranya dengan menumbuk hingga halus beberapa daun binahong yang segar dan bersih. Lalu oleskan di atas kulit yang terkena herpes. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali hingga herpes mereda. Sedangkan untuk pemakaian obat dalam, caranya dengan merebus beberapa helai daun binahong yang sudah dicuci hingga mendidih lalu disaring. Minumlah sehari sekali hingga tubuh terasa lebih baik. 

Selamat mencoba!

Daftar Pustaka:

Elshabrina. 2018. 33 Daun Dahsyat Tumpas Berbagai Macam Penyakit. Yogyakarta: C-Klil Media