Jamupedia

Sehat di Hari Tua

"Sehat di hari tua tua adalah harapan semua orang. Betapa bahagia rasanya jika tetap dapat melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak cucu tanpa terkendala berbagai penyakit."

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  08/07/2024 16:28 WIB

3 Menit baca.

Tidak dapat dipungkiri seiring bertambahnya usia semakin menurun pula kekuatan fisik kita. Kita juga semakin rentan terserang berbagai jenis penyakit degeneratif dan penyakit lainnya karena menurunya daya tahan tubuh.

Sumber dokteralexwijaya.com

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan kita di usia senja, salah satunya adalah pola hidup yang kita terapkan sejak muda. Pepatah kuno menyebutkan, jika kita menanam kebaikan kelak kita pun menuai kebaikan. Hal ini pun berlaku untuk kesehatan. Jika sejak muda kita menerapkan pola hidup sehat, bukan tidak mungkin kita tetap sehat saat memasuki usia senja.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita tetap sehat saat tua antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga pola makan yang baik

Seiring bertambahnya usia, berubah pula kebutuhan gizi kita. Untuk itulah kita perlu menyesuaikan makanan agar kebutuhan gizi di usia lanjut tetap terpenuhi. Ketika masuk usia lanjut, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang rendah gula, banyak mengonsumsi sayuran dan buah, banyak mengonsumsi air putih, serta mengurangi porsi makan.

2. Melakukan olahraga ringan

Olahraga ringan, seperti berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi lansia. Jalan kaki dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, melancarkan sirkulasi dan tekanan darah, dan mencegah gejala varises.

Sumber gambar: www.klikdokter.com

3. Tetap membaca

Tidak sekedar menambah pengetahuan, membaca memiliki banyak manfaat. Seiring bertambahnya usia, daya ingat seseorang bisa jadi menurun. Membaca menjadi salah satu usaha untuk mengasah dan menurunkan risiko menurunnya daya ingat. Membaca menjadi salah satu bentuk senam otak yang meningkatkan kerja otak.

4. Istirahat yang cukup

Penuhi kebutuhan istirahat. Istirahat yang cukup memiliki banyak manfaat, seperti menjaga berat badan, menjaga suasana hati, menjaga tubuh tetap fit, dan lain sebagainya. Hindarilah begadang dan melakukan aktivitas yang kurang penting di malam hari. Waktu tidur ideal kurang lebih 7-8 jam/hari setidaknya harus terpenuhi sebab waktu tidur adalah saat di mana sel-sel tubuh memperbaiki diri.

5. Kelola stres dengan baik

Tubuh yang sehat diawali dengan mental yang sehat. Kemampuan untuk mengelola stres perlu dimiliki oleh setiap orang sebab stres akan mempengaruhi banyak hal, termasuk sistem imun. Orang yang sedang stres sistem imunnya akan menurun dan mudah terserang penyakit.

6. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, jika berat badan berlebih atau obesitas, tubuh akan rentan terserang beberapa jenis penyakit.

7. Melatih keseimbangan badan

Melatih keseimbangan badan dapat mengurangi risiko mengalami cedera dan terjatuh di usia senja.

8. Hindari mengkonsumsi alkohol dan rokok

Merokok dan minum alkohol biasanya menjadi satu paket kebiasaan yang merugikan kesehatan. Alkohol dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan hipertensi. Begitu pula rokok, racun yang terkandung dalam rokok dapat merusak seluruh organ tubuh, mulai dari otak, jantung, hingga organ vital.

9. Melakukan banyak kegiatan bermanfaat

Banyak melakukan aktivitas dapat membantu lansia menjaga tubuh dari ancaman penyakit dan penurunan fungsi tubuh.

 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/latihan-keseimbangan-lansia/

https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/lansia-dan-permasalahannya

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623470/7-cara-hidup-lebih-sehat-bagi-para-lansia

https://gaya.tempo.co/read/1223031/6-kunci-hidup-sehat-bagi-lansia-olahraga-dan-jangan-stres/full&view=ok

https://mynurz.com/blog/10-langkah-sehat-untuk-lansia/

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/02/151541620/5-tips-tetap-sehat-untuk-lansia?page=all

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-lansia/hidup-sehat-untuk-lansia/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/pentingnya-aktivitas-fisik-bagi-lansia/

https://mediaindonesia.com/read/detail/686-manfaat-aktivitas-fisik-pada-lansia