Jamupedia

Mengkudu, Herbal dengan Segudang Manfaat Obat

"Banyak yang menyebut bahwa mengkudu mampu mencegah kanker. Hal itu bukan hanya klaim yang tak berdasar. Mengkudu memang mengandung zat antikanker yang dianggap efektif untuk melawan sel-sel abnormal."

Diterbitkan oleh : Farida  -  01/09/2021 13:46 WIB

3 Menit baca.

Mengkudu adalah buah yang memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia. Buah ini dikenal sebagai buah yang memiliki bau tak sedap dan rasa sangat pahit. Bentuk buahnya yang memiliki bintik-bintik pun tak jarang membuat orang merasa tak nyaman. Di balik semua hal yang membuat mengkudu mudah untuk tidak disukai itu, mengkudu memiliki segudang manfaat obat-obatan.

Mengkudu banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan negara-negara Polinesia. Sudah sejak ribuan tahun yang lalu, mengkudu memang digunakan sebagai buah obat. Tak jarang juga daun mudanya digunakan untuk bahan masakan.

KANDUNGAN MENGKUDU

Secara umum, buah dan daun mengkudu memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkudu mengandung selenium, yang termasuk sebagai antioksidan hebat. Terpenoid yang terkandung dalam mengkudu mampu mempercepat pemulihan sel-sel tubuh. Senyawa Scolopetin yang dikandung buah mengkudu sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan alergi.

Zaman dahulu mengkudu merupakan salah satu obat untuk mengobati infeksi. Hal itu karena secara spesifik buah mengkudu memiliki zat aktif yang dapat mematikan bakteri penyebab infeksi. Tak hanya bakteri biasa, mengkudu juga bisa mengontrol bakteri patogen yang lebih mematikan.

Mengkudu mengandung salah satu alkaloid yang penting, zat itu disebut Xeronin dan Proxeronine. Secara umum prosentase xeronin di mengkudu bisa dibilang kecil, namun prosentase pembentuknya, proxeronine bisa dibilang besar. Alkaloid ini akan diserap tubuh dan mengaktifkan protein yang tidak aktif dalam tubuh. Selain itu juga akan mengatur struktur dan bentuk sel-sel yang aktif.

Sumber gambar: https://www.klikdokter.com

KHASIAT MENGKUDU

Dari banyaknya zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh tentunya mengkudu berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Mengkudu mampu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Dikutip dari laman Alodokter, ekstrak mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini bagus untuk mereka yang berisiko terserang penyakit kardiovaskular karena dapat mengurangi penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Tak hanya kolesterol jahat yang dibasmi, mengkudu juga  mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Tak hanya menurunkan, mengkudu juga dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Oleh karena itu mengkudu sangat cocok untuk pencegahan dan pengobatan diabetes.

Sumber gambar: www.klikdokter.com

Mengkudu untuk darah tinggi juga sangat bagus. Zat Scolopetin yang dikandung buah mengkudu berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Meski demikian, mengkudu tidak bisa dijadikan obat tunggal untuk hipertensi. Hal ini dikarenakan secara garis besar, gaya hidup juga akan sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Mengkudu hanya berperan sebagai herbal pendukung perawatan hipertensi.

Mengkudu bisa dibilang anugerah bagi Sobat yang berhenti merokok atau terpaksa berada di sekitar perokok berat. Kemampuan mengkudu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sangatlah dibutuhkan bagi perokok pasif atau bagi Sobat yang sudah berhenti merokok. Laman Merdeka.com menjelaskan bahwa paparan asap rokok akan menghasilkan radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan sel dan stres oksidatif. Di sinilah mengkudu akan berperan sebagai penyembuh sel-sel yang rusak dan menghilangkan stres oksidatif.

Untuk mendapatkan segudang manfaat mengkudu caranya sangat sederhana. Sobat bisa membuat olahan jus atau seduhan air hangat menggunakan mengkudu. Meski demikian, mengkonsumsi mengkudu tentunya harus pada batasan aman dan tidak boleh berlebihan. Agar lebih aman, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis di sekitar Sobat.

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.