Jamupedia

Sariawan dan Daun Jarak

"?Seperti dikutip dalam sebuah artikel, sariawan sering dialami oleh remaja pada rentang usia 10 hingga 19 tahun. Kebanyakan, sariawan menyerang karena tidak terlalu peduli dengan kebersihan mulut. Kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu sampai dua minggu. tapi apakah bisa menahan perih selama 2 minggu?.?"

Diterbitkan oleh : administrator  -  12/11/2019 11:02 WIB

2 Menit baca.

Sariawan adalah penyakit yang sederhana, namun sangat menyebalkan. Makanan selezat apapun akan terasa menyiksa saat sariawan. Sariawan membuat luka perih di rongga mulut, sehingga akan sakit saat kita mengunyah berbagai jenis makanan.?

 

Tetua kita mewariskan jamu mujarab untuk mengobati sariawan, salah satunya dengan menggunakan daun jarak. Ramuan jamu daun jarak anti sariawan tertulis dalam buku Herbal Bali. Buku tersebut menuliskan secara jelas manfaat daun jarak, dan bagaimana cara membuatnya.

Sobat cukup menyediakan daun jarak yang masih muda dan air satu gelas. Selanjutnya rebus daun jarak hingga air mendidih. Diamkan air rebusan agar menjadi hangat, dan gunakan untuk berkumur 3-4 kali setiap hari.

Gunakan jamu kumur tersebut secara teratur, dan jangan lupa menjaga pola makan dan menjaga kebersihan mulut. Karena hal itu sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh untuk mencegah sariawan.

 

 

 

 

Ibunda Suparni, Ari Wulandari. 2017. Herbal Bali: Khasiat dan Ramuan Tradisional Asli dari Bali. Yogyakarta: Rapha Publishing

https://www.alodokter.com/sariawan (diakses pada tanggal 15 Oktober 2019)