Jamupedia

Resolusi Hidup Sehat yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021

"Memiliki tujuan hidup akan membuat hidup kita semakin terasa hidup. Menjalani hari dengan tujuan yang pasti akan lebih memudahkan kita mencapai apa yang kita inginkan pula. Tidak terkecuali tujuan untuk hidup sehat. Itu harus dong, setuju? Mungkin sebagian orang selalu beranggapan bahwa sehat itu susah. Namun tidak jika kita memiliki list hidup sehat atau biasa kita sebut resolusi"

Diterbitkan oleh : administrator  -  04/01/2021 08:36 WIB

3 Menit baca.

Tahun 2020 akan segera berakhir. Hari-hari yang kita lewati selama satu tahun ini semoga membuahkan hasil sesuai rencana. Tidak terasa tahun 2021 sudah nyata di depan mata, saatnya kita untuk menyusun rencana-rencana lagi. Resolusi hidup sehat sudah seharusnya menjadi ?list? utama kita di tahun depan.??

Sumber gambar: denver.cbslocal.com

Memiliki tubuh sehat dan bugar tentu akan menjadikan tubuh lebih resisten dan terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh sehat adalah awal mula segala rencana baik yang akan kita capai di tahun depan. Oleh karena itu, yuk coba kita tentukan resolusi untuk hidup sehat di tahun 2021 mendatang.?

1. Olahraga Rutin

Kita sudah pasti sadar bahwa olahraga teratur akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.? Namun, berapa banyak dari kita yang enggan atau malas melakukannya? Alasannya pun beraneka macam, tidak adanya waktu, tidak ada teman, bahkan rasa malas kerap menghantui saat hendak berolahraga. Oleh karena itu, di tahun 2021 siapkan niat dan luangkan waktu untuk berolahraga. Tidak harus lama, cukup 30 menit dalam sehari dan lakukan dengan maksimal. Satu hal lagi, olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat. Olahraga ringan seperti berjalan jarak jauh, lompat tali, yoga, atau senam ringan? jika dilakukan dengan rutin akan memberikan manfaat untuk tubuh.?

 

2. Minum Jamu?

Makanan dan minuman kekinian yang belum tentu sehat menjamur di pasaran dan dengan mudah menjadi favorit anak muda. Jamu yang merupakan warisan penjaga kesehatan dari generasi pendahulu kita sudah mulai banyak dilupakan. Padahal, jamu terbuat dari rempah-rempah yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh. Mengkonsumsi jamu secara rutin akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar walaupun tidak secara instan. Meskipun begitu, khasiat jamu sudah tidak perlu diragukan karena jelas terbukti nyata oleh para leluhur-leluhur kita.?

 

3. Minum Air Putih 1,5L/Hari

Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena begitu pentingnya peran air putih untuk tubuh, bahkan air putih sering disebut-sebut sebagai obat dari segala obat. Menurut beberapa ahli, ada waktu yang tepat untuk minum air putih yaitu 1 atau 2 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sebelum mandi, 1 gelas ? jam sebelum makan, 1 gelas sebelum tidur, minum lebih banyak sebelum dan setelah olahraga dan saat sakit.

 

4. Istirahat Cukup?

Menjalani aktivitas seharian penuh tentu membuat tubuh letih. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan waktu istirahat cukup agar tenaga kembali pulih. Istirahat yang baik rata-rata tidur 8 jam dalam sehari dimulai dari jam 10 malam. Karena pada malam hari tubuh kita akan me-restart ulang dan mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh. Tidur lebih awal juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan tekanan dan peradangan dalam tubuh.

 

5. Hindari Stres

Pekerjaan yang banyak akan membuat kita stres. Terlebih saat pandemi seperti ini.? Bekerja dari rumah terasa lebih membosankan dibanding bekerja di luar rumah. Meskipun begitu, kita juga belum bisa untuk berpergian jauh-jauh mengingat Covid-19 belum sepenuhnya hilang dari Indonesia. Untuk meminimalisir stres, Sobat bisa lakukan hal-hal kecil seperti mendengarkan musik, bersepeda, menonton film di rumah atau pun jika bepergian harus dengan protokol kesehatan ya.?

 

6. Mengurangi Junk Food/Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang sangat memudahkan kita. Tinggal buka aplikasi pesan makanan tunggu sebentar, pesanan datang dan perut pun kenyang. Eits, tetapi harus ingat ya. Sering mengonsumsi makanan cepat saji ini dapat meningkatkan asupan lemak, karbohidrat, serta menjadi penyebab risiko obesitas dan masalah kesehatan kronis lainnya. Jadi, di tahun 2021 cobalah untuk mengurangi makanan junk food agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang mengkhawatirkan.

 

7. No Smoking & No Alcohol

Kedua kebiasaan buruk ini sangat dekat dengan dunia anak muda. Padahal keduanya ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius untuk tubuh. Sering merokok dapat menyebabkan penumpukan plak nikotin pada pembuluh darah yang akan mengganggu fungsi pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan sakit jantung, kanker, paru-paru, dan penyakit kronis lainnya. Sedangkan alkohol pun sama bahayanya dengan merokok. Penyakit yang ditimbulkan dari seringnya mengkonsumsi alkohol adalah gangguan fungsi hati, ginjal, kanker hati dan lain sebagainnya.?

Semoga 7 resolusi di atas dapat membantu Sobat untuk mewujudkan hidup sehat di tahun 2021. Ingat, pencapaian mimpi apapun diawali dengan badan yang sehat!