Jamupedia

Resep Jamu Cabe Puyang

"Cabe puyang dikenal sebagai salah satu jenis jamu yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita. Sayangnya,, jamu ini tidak setenar kunyit asam dan beras kencur. Bahkan, tak jarang orang bertanya apa itu cabe puyang?"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/02/2020 08:15 WIB

2 Menit baca.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa jamu cabe puyang terbuat dari cabai. Memang benar jamu ini terbuat dari cabai, tetapi cabai yang dimaksud bukanlah cabai bumbu dapur yang sering dipakai untuk membuat sambal. Cabai yang digunakan untuk pembuatan jamu ini adalah cabai jawa atau biasa dikenal dengan istilah cabai jamu. Rasanya pun sedikit pedas sesuai dengan namanya.

Manfaat cabe puyang tidak kalah dengan jamu lainnya. Jamu ini dapat melancarkan pencernaan, mengurangi rasa capek dan pegal, menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri gigi, hingga meningkatkan nafsu makan.

 

Nah sobat, jika penasaran dengan rasanya, sobat dapat membelinya di penjual jamu gendong atau meraciknya sendiri. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat mudah, yuk ikuti langkah berikut!

Bahan:

  1. Cabe kering 1 ons
  2. Puyang basah ยฝ kg
  3. Temulawak ยฝ ons
  4. Garam 1 sdt
  5. Air hangat 1 ยฝ lt

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Masukkan garam dan pastikan tercampur
  4. Masukkan tumbukan ke dalam air kemudian saring airnya untuk dikonsumsi

 

Sangat mudah kan sobat? Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Apabila mengalami kesulitan mencari semua bahannya, sobat dapat membelinya melalui aplikasi jual beli online.

Selamat mencoba!

 

Daftar Pustaka

Ibad, Agus Ibnu HM. 1993. Keterampilan Khusus di Bidang Pengobatan dan Perwatan Kencantikan Secara Tradisional. Salatiga: Hasil Karya Putra Nusantara

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3830433/mengenal-jamu-cabe-puyang

https://doktersehat.com/manfaat-cabe-puyang/