Jamupedia

Nikmat dan Sehat dalam Seporsi Pecel nDeso

"Apa yang Sobat bayangkan ketika mendengar menu pecel? Pastinya mengacu pada sajian makanan tradisional khas Jawa yang terdiri dari beberapa jenis sayuran dan dilengkapi dengan sambal kacang. Meskipun menu pecel ditemukan di berbagai daerah, tetapi biasanya memiliki karakteristik dan perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Misalnya pecel Solo dengan karakteristik sambal yang terasa lebih manis atau pecel madiun dan pecel ponorogo. ?Biasanya pendamping laukya pun berbeda, pecel Solo identik dengan telur, pecel Madiun identik dengan rempeyek, dan pecel Ponorogo identik dengan tempe goreng."

Diterbitkan oleh : Farida  -  27/01/2021 10:07 WIB

3 Menit baca.

Ada satu jenis pecel khas Solo yang keberadaannya mulai langka. Namanya pecel ndeso. Meski khas Solo, ada beberapa hal yang membedakan pecel biasa dengan pecel ndeso ini. Pertama, jika pecel biasa umumnya memakai nasi putih, pecel ndeso memakai nasi merah. Kedua, sayuran pada pecel ndeso lebih lengkap dibanding pecel biasa. Sayuran pecel ndeso umumnya terdiri dari bayam, kecambah, kenikir, kembang turi, kecipir, dan jantung pisang. Jantung pisang ini adalah jenis sayuran khas pecel ndeso yang tidak kita jumpai pada jenis pecel lainnya. Perbedaan mencolok lainnya adalah sambal yang dipakai. Jika pecel biasa memakai sambal kacang, pecel ndeso memakai sambal wijen hitam . Satu lagi, pecel ndeso biasanya dilengkapi dengan karak, sejenis kerupuk yang dibuat dari nasi.

Sumber gambar: https://www.solopos.com/

Pelengkap lain yang umum disajikan untuk menyantap ?pecel ndeso adalah bothok bongko yang dibuat dari kacang tholo atau kacang merah yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Dari komposisinya, pecel ndeso tak hanya mengenyangkan tetapi juga menyehatkan. Mari kita intip kandungan gizi pada setiap komposisi pecel ndeso

  1. Nasi merah

Beras merah memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki kalori rendah sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan dibandingkan beras putih. Beras merah membantu meningkatkan kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, mengontrol diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan gizi lengkap. Beberapa manfaat konsumsi bayam antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan tulang, mencegah kanker, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan baik untuk ibu hamil karena kandungan folat dan vitamin A.

  1. Kembang turi

Kembang turi mengandung saponin, tannin, glikoside, vitamin A, B, dan C serta mengandung kalsium, zat besi, dan gula. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kembang turi antara lain mengobati sariawan, disentri dan BAB berdarah, mengobati batuk, dan lain sebagainya.

  1. Jantung pisang

Meski menjadi bagian yang jarang termanfaatkan, jantung pisang ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan, lho, di antaranya menyembuhkan infeksi, mengatasi diabetes dan anemia, melancarkan produksi ASI, dan melawan radikal bebas.

  1. Tauge

Tauge atau yang juga sering disebut dengan istilah kecambah berkhasiat untuk meringankan kerja sistem pencernaan, mengontrol gula darah, dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

  1. Kacang panjang

Kacang panjang mengandung vitamin A, vitamin C, dan gizi lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan kulit, kesehatan jantung, mencegah kanker, dan menurunkan kadar glukosa.

Pecel ndeso biasanya disajikan dengan cara dipincuk. Nasi merah dan sayuran diguyur dengan sambal wijen hitam kemudian diberi krupuk karak di atasnya. Hhmm, nikmat sekali kan Sobat?

Tidak banyak warung yang menjajakan pecel ndeso, jika Sobat ingin mencobanya, Sobat bisa datang ke deretan warung di belakang stadion Manahan Solo atau di dalam pasar Gedhe Solo. Selamat mencoba!