Jamupedia

Herbal Rumahan Sebagai Obat Alami Penurun Kolesterol

"Kadar Kolesterol dalam tubuh apabila terlalu banyak bisa mengakibatkan berbagai penyakit serius. Oleh karena itu kita harus mengatur dan mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap seimbang. Salah satu caranya dengan obat herbal penurun kolesterol"

Diterbitkan oleh : Farida  -  28/07/2022 14:20 WIB

0 Menit baca.

Kolesterol adalah lemak alami yang diproduksi oleh tubuh kita atau bisa juga dari makanan yang kita konsumsi. Secara fungsi, tubuh kita memerlukan kolesterol untuk melakukan berbagai fungsi, seperti memproduksi hormon-hormon penting dan sebagai pelindung sel. Namun, kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa membahayakan tubuh kita.

https://health.detik.com

Untuk menjaga stabilitas kadar kolesterol dalam tubuh, kita harus menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Selain itu, kita bisa memaksimalkan usaha dengan mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol. Tak seperti obat medis yang membutuhkan resep dokter, obat herbal penurun kolesterol aman dikonsumsi rutin dan bahan-bahannya sangat mudah didapatkan.

Makanan Tinggi Kolesterol

Sebelum belajar mengenai herbal alami penurun kolesterol, kita juga harus mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan kadar kolesterol melambung. Menurut laman Health Detik, makanan seperti telur, keju, kerang, daging, makanan berminyak, dan makanan cepat saji memiliki andil dalam melambungnya kadar kolesterol.

https://www.klikdokter.com

Daging bisa dibilang sebagai salah satu yang paling kerap dikonsumsi, khususnya di momen-momen Iduladha. Di moment inilah seringkali persediaan daging melimpah sehingga membuat kita kalap dan mengonsumsi daging berlebihan.?

Akibat Kolesterol Tinggi

Laman Alodokter menjelaskan, kalau kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, maka terlalu banyak lemak di dalam darah. Hal tersebut bisa menyebabkan plak di pembuluh darah dan bisa menghambat peredaran darah. Plak dan hambatan dalam pembuluh darah dapat memicu hipertensi, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

Penyakit-penyakit tersebut masuk dalam jajaran penyakit mematikan, oleh karena itu kita harus disiplin dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti diungkapkan diawal artikel ini, pola makan dan pola hidup sehat adalah yang utama, kemudian rutin berolahraga, sebagai langkah pelengkap adalah mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol.

Obat Herbal Penurun Kolesterol

Setelah menjalani gaya hidup sehat, herbal bisa menjadi pendukung kesehatan yang banyak khasiatnya. Beberapa jenis herbal juga dipercaya dan diketahui memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dihimpun dari laman Health Detik, berikut ini deretan herbal yang bisa dijadikan obat alami penurun kolesterol;

  • Bawang Putih

Selain sebagai penyedap masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat alami penurun kolesterol. Khasiat ini didapat dari kandungan flavonoid yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mungkin tak semua orang suka dengan herbal ini karena bau dan rasa bawang putih cukup tajam. Setelah mengonsumsi bawang putih disarankan untuk lebih banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

  • Daun Salam

Rebusan daun salam juga dipercaya sebagai obat herbal penurun kolesterol. Sama seperti bawang putih, kandungan flavonoid dalam daun salam berperan dalam menetralkan kolesterol dalam darah. Tak hanya itu, daun salam juga baik untuk penderita diabetes.

https://health.detik.com
  • Daun Kelor

Rebusan daun kelor juga baik untuk menurunkan kolesterol. Kandungan flavonoid dan tanin memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Selain menurunkan kolesterol, para orang tua kerap meminum air rebusan daun kelor untuk mengobati pegal-pegal. Hal tersebut sejalan dengan khasiat daun kelor yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri.

  • Jahe

Wedang jahe tak hanya berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan imun tubuh saja, namun juga dapat digunakan sebagai obat herbal penurun kolesterol. Dikutip dari laman Kompas, diungkapkan bahwa jurnal Food and Function pada 2013 menyebutkan jahe mengaktifkan enzim yang meningkatkan penggunaan kolesterol sehingga kadarnya dalam tubuh menurun.

 

Itulah empat bahan-bahan herbal yang bisa dijadikan sebagai obat alami penurun kolesterol. Herbal-herbal tersebut bisa dikonsumsi rutin dengan kuantitas yang normal. Asal tidak terlalu banyak, herbal tidak akan berakibat buruk bagi tubuh.