Jamupedia

Merawat Rambut dengan Bahan Alami

"Penampilan dan perawatan adalah dua hal yang membuat seseorang rela untuk mengeluarkan budget cukup besar. Lingkup perawatannya pun banyak sekali, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kita ambil contoh salah satu, dari rambut saja ada beragam masalah berbeda: rambut rontok, kering, lepek, ketombe, dan lain sebagainya"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/07/2020 14:58 WIB

3 Menit baca.

Rambut ibarat mahkota yang akan mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Tak heran jika banyak orang rela untuk mengeluarkan budget yang besar untuk melakukan perawatan rambut. Merawat rambut tidak melulu berkutat dengan kepala saja. Perawatan rambut juga berkaitan dengan kebiasaan kita sehari-hari. Seperti dikutip dari cashback.com, seorang ahli gizi bernama Joy Bauer menyatakan bahwa kesehatan rambut berkaitan erat dengan apa saja yang kita konsumsi. 

 

Sumber gambar: www.allthingshair.com

Mineral dan vitamin yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan rambut. Selain konsumsi makanan, banyak minum air putih akan berpengaruh pula pada kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan pada dasarnya tubuh kita sangat membutuhkan air setiap harinya. 

Selain konsumsi makanan yang baik, ada beberapa perlakuan yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat, antara lain mencuci kepala dengan benar, jangan keramas setiap hari, bersihkan atau sisir rambut secara rutin, dan kurangi penggunaan pemanas rambut. Tidak melulu harus mengeluarkan budget yang besar untuk mendapatkan rambut yang indah dan berkilau. Sobat bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Syaratnya, Sobat harus sabar dan telaten karena perawatan alami tidak memberikan hasil yang instan. 

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Sobat gunakan untuk merawat rambut. 

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik bagi rambut kita, mulai dari vitamin A, C, E, B12, asam amino, dan zinc

 

Sumber gambar: www.honestdocs.id

2. Minyak almond

Minyak almond banyak mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Minyak almond dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe, menghilangkan rambut bercabang, dan menambah volume rambut.

3. Alpukat

Kandungan vitamin B dan E bermanfaat untuk mencegah rambut rontok, melembabkan rambut, mengatasi ketombe, menyehatkan dan membuat rambut berkilau, serta mengatasi rambut kering dan rusak.

4. Pisang

Kandungan kalium dan vitamin B, serta silika pada pisang dapat menguatkan rambut dan membuat rambut menjadi lebih tebal.

 

Sumber gambar: grapadinews.co.id

5. Santan

Kandungan vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 dapat menyehatkan, menguatkan,dan melembabkan rambut.

6. Madu

Madu dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan melembabkan kulit kepala.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K yang baik untuk kelembaban kulit kepala dan menguatkan rambut.

8. Kemiri

Minyak kemiri dapat mengatasi masalah rambut kering. Minyak kemiri kaya akan asam amino dan lemak esensial yang dapat melembabkan rambut.

 

Sumber gambar:  www.brilio.net

 

Nah sobat, itulah beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk merawat rambut kita agar menjadi lebih sehat dan kuat. Selamat mencoba!

 

Daftar Pustaka

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4896538/13-cara-merawat-rambut-rusak-agar-kembali-indah

https://cashbac.com/blog/cara-merawat-rambut-rusak-secara-alami

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3799585/22-cara-melembutkan-rambut-secara-alami-dan-permanen-mudah-dilakukan

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-lidah-buaya-untuk-rambut-tak-cuma-mencegah-kerontokan