Jamupedia

Awas Pancaroba! Begini Cara Mencegah Masuk Angin Secara Alami

"Masuk angin kerap membuat kita tak bisa beraktivitas. Oleh karena itu, sebelum mengalami masuk angin, kita harus paham mengenai cara mencegah masuk angin. "

Diterbitkan oleh : administrator  -  12/11/2021 13:30 WIB

0 Menit baca.

Pancaroba adalah momen di mana musim panas berubah menjadi musim penghujan ataupun sebaliknya. Di waktu-waktu ini cuaca sangat tidak menentu sehingga banyak orang jatuh sakit. Salah satu penyakitnya biasa disebut dengan masuk angin. Agar kita tidak ikut terkena masuk angin, kita harus paham cara mencegah masuk angin, terutama cara yang alami.

Sumber: likuid.co.id

Masuk angin adalah istilah yang kemungkinan besar hanya ada di Indonesia. Istilah ini bukanlah istilah medis dan biasanya menggambarkan kondisi tubuh yang demam, kembung, sakit kepala, nyeri disekujur tubuh, hingga diare. Tak berhenti sampai disitu, kadang orang Indonesia menganggap gejala flu seperti, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk, juga sebagai masuk angin.

Masuk angin disebabkan oleh menurunnya sistem imun tubuh. Perubahan iklim dan musim bisa menjadi salah satu penyebabnya. Efek masuk angin bisa sangat beragam pada setiap orang. Ada yang hanya butuh istirahat beberapa jam bisa kembali fit, namun ada juga yang sampai demam beberapa hari. Umumnya mengobati masuk angin adalah dengan mengembalikan kinerja sistem imun, namun pada kasus yang menengah atau berat lebih baik segera periksa ke dokter.

Sebelum kita terkena masuk angin, alangkah lebih baiknya kita mencari cara mencegah masuk angin. Apa saja sih cara mencegah masuk angin secara alami? Simak selengkapnya di bawah ini;

  • Cukup Istirahat

Dalam hidup ini kita memang dianjurkan untuk beraktivitas, entah itu untuk mencari nafkah, menuntut ilmu, atau sekedar bercengkerama bersama teman atau keluarga. Namun tak kalah penting adalah waktu istirahat, beri waktu yang cukup untuk tubuh kita sejenak terlepas dari rutinitas sehari-hari. Usahakan selalu tidur selama 7-8 jam. Jangan sampai kurang istirahat, karena kalau sudah masuk angin, akan lebih banyak rencana kita yang akan gagal.

  • Olahraga & Cukupi Gizi¬†

Untuk menjaga kebugaran tubuh, rutinkan berolahraga. Tak perlu olahraga berat, lakukan saja olahraga ringan asal rutin. Selain itu juga harus diperhatikan asupan makanan. Gizi dari makanan sangat penting untuk menciptakan tubuh yang sehat. Untuk mencukupi hal ini kita hanya perlu berpedoman pada makanan 4 sehat 5 sempurna. Penuhi kembutuhan karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral.

  • Cairan Tubuh

Agar metabolisme tubuh tetap terjaga, kita harus menjaga asupan cairan tubuh. Rutinkan minum air putih setidaknya delapan gelas sehari.

  • Jaga Kebersihan

Kebersihan diri sangatlah penting agar kita terhindar dari infeksi virus. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, protokol kesehatan harus selalu digalakkan.

  • Jaket

Pancaroba identik dengan perubahan suhu yang ekstrem. Menggunakan jaket untuk mengurangi paparan angin panas atau angin dingin secara langsung bisa juga menjaga kondisi tubuh tetap stabil.

  • Jamu

Setelah menjalani saran-saran tersebut di atas, kita bisa memaksimalkan usaha dengan mengonsumsi jamu. Konsumsi jamu seperti temulawak, beras kencur, atau kunyit asam. Jamu-jamu tersbue dipercaya mampu menyehatkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme, menghangatkan tubuh, meredakan batuk, menghilangkan keletihan, dan mengandung senyawa anti-oksidan yang bagus bagi tubuh.

Itulah enam cara mencegah masuk angin terutama di masa pancaroba.