Jamupedia

Langkah Aman Membuat Jamu Skala Rumah Tangga

"Agar dapat memberikan manfaat secara optimal, jamu harus diolah dengan cara yang benar. Setelah memilih bahan berkualitas untuk diolah serta menyiapkan alat yang tepat untuk mengolahnya, pastikan langkah selanjutnya juga dilakukan dengan tepat. "

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  12/08/2021 09:26 WIB

3 Menit baca.

Jamu sudah menjadi bagian dari masyarakat sejak ribuan tahun lalu. Jamu menjadi ramuan kesehatan yang diwariskan dari nenek moyang kita secara turun temurun. Khasiatnya yang telah terbukti secara empiris membuat jamu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Penyakit-penyakit ringan yang sering menjadi keluhan keluarga seringkali diobati dengan jamu yang diracik sendiri di rumah. 

 

Beberapa keluarga memiliki kebiasaan menyimpan bahan jamu untuk digunakan sewaktu-waktu jika membutuhkan ramuan atau seduhan jamu. Namun harus diingat, merebus dan mengolah jamu di rumah tidak boleh dilakukan sembarangan agar manfaat dan khasiatnya optimal. 

Bagaimana langkah aman membuat jamu di rumah? Simak terus ya, Sob!

Alat dan bahan

Pastikan bahwa alat dan bahan yang digunakan telah dicuci bersih sehingga terbebas dari kuman, bakteri, dan kotoran. Alat yang digunakan untuk merebus sebaiknya terbuat dari bahan stainless, gerabah, atau enamel. Hindari menggunakan alat merebus yang terbuat dari besi atau aluminium karena memungkinkan adanya zat-zat yang ikut larut dalam rebusan jamu.

Sortasi

Lakukan sortasi bahan yang akan diolah menjadi jamu. Pastikan bahwa bahan yang digunakan bersih dari kotoran seperti tanah, kerikil, bahan yang rusak atau busuk, dan lain sebagainya. 

Pencucian

Cucilah bahan jamu dengan air bersih mengalir. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan bahan-bahan yang biasanya tertempel kotoran, misalnya rimpang. Hindari mencuci bahan jamu dengan bahan kimia seperti sabun. 

Penirisan

Lakukan penirisan untuk menghilangkan sisa air pencucian. 

Perajangan

Rajanglah bahan jamu dengan pisau yang tajam yang terbuat dari logam nirkarat. Tujuan perajangan adalah memberikan hasil penyarian yang lebih optimal saat direbus. 

Perebusan

Untuk merebus bahan jamu, gunakanlah wadah berbahan logam nirkarat atau gerabah dan keramik. Jamu dengan bahan simplisia kering atau pun segar, harus direbus dengan air bersih hingga mendidih. Rebus bahan dalam air mendidih dengan suhu 100 derajat Celcius selama 15-50 menit. Untuk serbuk kering dapat diseduh dalam segelas air mendidih selama 5 menit.  

Konsumsi dan Penyimpanan

Jamu yang sudah diolah sebaiknya disaring dan diminum dalam kondisi hangat. Jika ingin disimpan, simpanlah jamu dalam wadah yang sesuai yang berlabel food grade. Hindari menyimpan rebusan jamu dengan botol bekas. Pastikan jamu tersimpan dalam suhu sejuk serta tidak disimpan terlalu lama. Jika jamu disimpan, pastikan sebelum dikonsumsi tidak terjadi perubahan organoleptik (bau, rasa, warna). 

Kebersihan diri

Selain memastikan bahan, alat, dan proses pengolahan jamu, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan diri si pembuat jamu. Pastikan bahwa si pembuat jamu bersih badan, pakaian, dan lingkungan tempat pembuatan. 

 

Daftar Pustaka

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200527100726-255-507227/7-tips-aman-dan-bersih-mengolah-jamu-di-rumah

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/21/110200723/ingin-bikin-jamu-untuk-jaga-imunitas-perhatikan-3-panduan-dari-bpom?page=all

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.