Jamupedia

Bukan Sekedar Lalapan, Kemangi Punya Banyak Manfaat untuk Badan

"Rebusan daun kemangi dapat digunakan sebagai peluruh kentut serta untuk mengobati muntah, batuk, disentri kronis, dan diare. Kandungan lain pada daun kemangi pun berkhasiat sebagai antimikrobial yang mampu melawan sembilan jenis bakteri patogen. "

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  04/05/2021 08:58 WIB

3 Menit baca.

Kemangi merupakan salah satu herba yang sering tersaji bersama dengan mentimun, tomat, dan sayur kol sebagai lalapan. Meski begitu, kemangi bukan sekedar sayuran pelengkap atau lalapan lho. Banyak kandungan dalam daun kemangi yang bermanfaat untuk tubuh.

Sumber gambar: www.jpnn.com

Kemangi mengandung senyawa antimikrobial yang mampu melawan sembilan jenis bakteri patogen dan mencegah masuknya virus atau jamur yang membahayakan tubuh. Daun kemangi juga banyak mengandung vitamin A dan C serta mineral P, Ca, dan Fe. Dalam 100 gram daun kemangi terkandung 154 gram kalsium dan 69 gram fosfor. Kandungan flavonoid dan eugenol pada kemangi berperan sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas, kolesterol, dan bersifat anti kanker.ย 

Mencegah Risiko Kanker

Dikutip dari id.theasianparent.com, pada tahun 2013 sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan eugenol, apigenin, myretenal, luteolin, serta asam carnosic mampu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, serta mulut. Senyawa tersebut mampu meningkatkan aktivitas antioksidan dan memperlambat pembelahan sel kanker.

Sumber gambar: resepkoki.id

Mencegah penuaan dini

Masih dikutip dari id.theasianparent.com, sebuah presentasi penelitian di British Pharmaceutical Conference menjelaskan bahwa kemangi mampu mencegah bahaya penuaan. Kandungan senyawa pada kemangi efektif untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan karena radikal bebas di otak, hati, dan jantung. Selain itu, antioksidan kemangi juga mampu menghambat penuaan sel-sel pada tubuh.

Membantu melawan bakteri

Kandungan senyawa sineol, linalool, eugenol dan lainnya mampu melawan bakteri pada tubuh. Kemangi membatasi segala bentuk pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri listeria monocytogenes, Escherichia coli, dan pseudomanas aeruginosa.

Membantu menyehatkan otak

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kemangi mampu mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi mengandung mineral yang mampu meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Metabolisme gilkosilceramida juga mampu melindungi otak dari radikal bebas dan oksidatif.

Mengatasi masalah arthritis

Dikutip dari doktersehat.com, kandungan beta-caryophyllene pada kemangi cukup efektif mengatasi nyeri. Kandungan tersebut juga membantu meredakan sensasi terbakar pada persendian karena arthritis.

Mengatasi masalah perut

Daun kemangi mampu mengatasi masalah perut, seperti kembung, maag, badan lesu, hingga masuk angin.ย  Selain itu, kemangi juga mampu mengatasi masalah pencernaan dan infeksi pada usus hingga radang lambung.ย 

 

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan/

https://id.theasianparent.com/manfaat-daun-kemangi

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-daun-kemangi/