Jamupedia

Makanan Peningkat Imun

"Pemerintah telah menetapkan New Normal meskipun pandemi Covid-19 belum selesai. Roda aktivitas akan berjalan kembali dengan protokol kesehatan seperti yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Mau tidak mau, kita akan berperang melawan Corona. Apa senjata kita? Imunitas yang baik!"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  13/08/2020 16:32 WIB

3 Menit baca.

Imun adalah kelompok sel yang bekerja untuk melawan segala sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, jika sistem imun kita lemah, tubuh juga akan terasa tidak fit dan besar kemungkinan mudah terserang penyakit. Lemahnya sistem imun dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kurang berolahraga, stres, dehidrasi, kurang tidur, dan kurang mengonsumsi makanan bergizi.

Makanan bergizi mengambil peran penting dalam menjaga kekuatan imun kita. Apa yang kita makan besar pengaruhnya pada sistem kerja tubuh lho, Sobat. Misalnya, jika kita sering mengkonsumsi gorengan, maka dapat berisiko menimbulkan lemak berlebih dan obesitas yang dapat memperlemah sistem imun.Agar sistem imun tetap kuat, badan tetap sehat, serta tidak mudah terserang virus dan penyakit, yuk mulai perhatikan apa yang kita konsumsi.

Lalu apa saja makanan yang baik kita konsumsi untuk meningkatkan sistem imun? Sayur dan buah-buahan adalah dua jenis makanan baik yang dapat meningkatkan sistem imun kita. Berikut ini beberapa contohnya ya, Sobat!

1.Buah sitrus

Buah sitrus banyak mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk menangkal infeksi.

Sumber gambar: yakon.co.id

 

2. Paprika merah

Paprika merah lebih banyak mengandung vitamin C dibandingkan dengan jeruk. Selain itu, paprika merah juga menjadi sumber beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Sumber gambar: http://cookingwsheila.com/

 

3. Bawang putih

Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat proses pengerasan pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa alicin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber gambar: www.klikdokter.com

 

4. Bayam

Bayam kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan serta beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan melawan infeksi.

Sumber gambar: oduwaorganik.id

 

5. Makanan laut

Makanan laut mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh kita, mulai dari protein omega-3, vitamin, serta mineral.

Sumber gambar: www.boombastis.com

 

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup untuk mendukung penguatan sistem imun pada tubuh. 

Salam sehat, Sobat!

 

Daftar Pustaka

https://www.alodokter.com/tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-dengan-makanan-dan-kebiasaan-ini

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/sistem-imun-manusia/

https://www.halodoc.com/imun-lemah-gampang-sakit-ini-5-penyebabnya

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4204075/15-makanan-yang-bisa-meningkatkan-sistem-imun-tubuh-bagian-1

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200407170535-255-491332/6-kebiasaan-makan-di-rumah-yang-melemahkan-sistem-imun