Jamupedia

Seri Bahan Pangan Pengganti Nasi (1) "Jagung Sebagai Pengganti Nasi dan Pesebarannya"

"Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia selain gandum dan padi. Olahan dari jagung biasa kita jumpai dari pasar hingga mall. Ada banyak makanan tradisional berbahan jagung. Namun, jagung juga bisa diolah menjadi makanan modern, salah satunya popcorn yang menjadi makanan paling cocok saat nonton bioskop"

Diterbitkan oleh : administrator  -  08/09/2020 10:07 WIB

2 Menit baca.

Jagung merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan kemudian menyebar ke Asia hingga ke Indonesia. Selain menjadi bahan pengganti nasi, jagung juga dimanfaatkan untuk pakan ternak, diolah menjadi tepung maizena dan berbagai olahan makanan, seperti sup bayam jagung, popcorn, bakwan jagung, sereal, dan banyak lainnya. 

 

Sumber gambar: thegorbalsla.com

Jagung yang merupakan biji-bijian paling popular di belahan dunia ini ternyata tidak dapat hidup secara liar di alam. Meski begitu, jagung tumbuh subur di daratan Indonesia mulai dari daerah dataran rendah hingga pegunungan. Nama jagung di setiap daerah juga berbeda lho, di antaranya ‘jagong’ (Sunda, Aceh, Batak, Ambon), ‘jago’ (Bima), ‘jhaghung’ (Madura), ‘rigi’ (Nias), ‘wataru’ (Sumba), ‘latung’ (Flores), ‘gandung’ (Toraja), ‘binde’ (Gorontalo) dan banyak lainnya. 

Si Kuning manis nan gurih ini memiliki kandungan yang luar biasa lho. Salah satu bahan pangan pengganti nasi ini tentunya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Per 100 gr jagung setara dengan Per sekitar 69,1 gr karbohidrat, 9,8 gr protein, 7,3 gr lemak, 2,2 gr serat. Buah ini juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti 30 mg kalsium, 538 mg fosfor, 2,3 mg besi, 79,3 mg kalium, hingga 3 mg vitamin C. Tak heran kan, kalau jagung dapat menjadi pengganti nasi. Selain kandungannya yang banyak jagung juga sangat baik untuk kesehatan lho

 

Sumber gambar: merryriana.com

Apa saja ya manfaatnya? Nih penjelasannya!

  1. Jagung mengandung tinggi gula, tetapi aman untuk gula darah. Sebab, kandungan utama jagung yaitu karbohidrat kompleks yang juga mengandung serat dan protein. 
  2. Jagung kaya akan vitamin C dan vitamin B yang berperan untuk memperbaiki sel, kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan memiliki sifat anti-penuaan. 
  3. Jagung mengandung senyawa fitokimia fenolik yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah tinggi. 
  4. Jagung mengandung serat yang tentunya dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, makan satu ini juga dapat memberikan efek perut kenyang sehingga cocok untuk yang sedang berdiet.
  5. Jagung mampu mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar dan juga diubah oleh bakteri ini agar menjadi asam lemak rantai pendek atau SCAF yang berfungsi menurunkan risiko kanker usus. 

Meskipun aman dikonsumsi sebagai cemilan ataupun makanan pokok, jagung juga mengandung zat fitat yang dapat menghambat penyerapan mineral tertentu dalam tubuh. Dengan begitu, jagung dapat diolah sesuai dengan selera dan disimpan sesuai standar yang disarankan. 

Sumber:

Wikipedia

Hellosehat.com