Jamupedia

11 Ramuan Jamu Saintifik, Bukti Dedikasi B2P2TOOT untuk Kesehatan Masyarakat

"Harapan masyarakat akan ketersediaan ‘obat’ alami untuk mengatasi beberapa jenis penyakit tidak menular terjawab sudah. Melalui penelitian panjang, B2P2TOOT berhasil merumuskan formula yang aman dan berkhasiat yang terangkum dalam 11 ramuan jamu saintifik"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  20/05/2020 22:10 WIB

3 Menit baca.

Gaya hidup modern saat ini cenderung membuat masyarakat abai akan kesehatan. Menjamurnya junkfood yang menawarkan nilai praktis menjadi godaan yang sulit untuk dihindari. Belum lagi ditambah kemajuan teknologi yang semakin memudahkan kinerja manusia tetapi di satu sisi membuat aktivitas fisik semakin berkurang. Tak heran, banyak masyarakat mengeluh tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti kolesterol, obesitas, gula darah, dan radang sendi. 

Untuk mengatasi keluhan-keluhan terkait Penyakit Tidak Menular yang diderita oleh masyarakat, B2P2TOOT telah melakukan penelitian pemanfaatan tanaman obat dan jamu. Tanaman-tanaman yang telah dikonsumsi oleh masyarakat kita secara turun menurun telah diteliti melalui program saintifikasi. Dari penelitian tersebut, dihasilkan 11 formula jamu saintifik yang berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis Penyakit Tidak Menular. 11 formula ini telah terbukti aman dan berkhasiat melalui uji klinik randomized Controlled Trial (RCT). 

Ramuan jamu saintifik telah diakui dan dibuktikan khasiatnya oleh mitra dan masyarakat. Formula ini juga sudah masuk ke jurnal-jurnal nasional maupun internasional dan beberapa di antaranya sudah dikeluarkan sertifikasinya. Seperti dikutip dari Akhmad Saikhu berikut. 

“Lebih ke arah pengakuan evidences, ini semacam mitra-mitra dan masyarakat kami lebih percaya ramuan tersebut. Hasil dari ramuan ini sudah masuk ke jurnal-jurnal Indonesia dan Internasional, sudah dipublikasikan. Dari 11 sudah sebagian dikeluarkan sertifikasinya” 

Sumber gambar: http://www.b2p2toot.litbang.kemkes.go.id/

Pihak B2P2TOOT juga telah menerbitkan buku 11 ramuan jamu saintifik. Meskipun masyarakat sudah dapat merasakan langsung manfaatnya, tetapi belum ada rencana untuk memproduksi ramuan jamu ini secara massal. Menurut Akhmad Saikhu, untuk melakukan produksi menjadi obat terstandar atau fitofarmaka industri harus mendapatkan izin edar dari badan Polri. 

“Kita meneliti ramuan jamu sudah ada 11 dan sudah kita susun dalam bentuk buku. Itu sebenarnya sudah bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat tetapi untuk diproduksi secara massal ini juga harus melalui uji lagi. Karena untuk melakukan produksi menjadi obat terstandar atau fitofarmaka industri, harus mendapatkan izin edar dari badan polri. Walaupun ramuan ini secara proses hampir sama dengan membuat suatu produk fitofarmaka tetapi ada persyaratan/kriteria tertentu dari badan hukum yang harus kita lalui sehingga langsung bisa memproduksi” Terang Akhmad Saikhu. 

Sobat penasaran apa sajakah 11 ramuan jamu saintifik dari B2P2TOOT? JamupediaTV sudah bekerja sama dengan B2P2TOOT membuat video tutorial 11 jamu saintifik.  

  1.   Ramuan Jamu Asam Urat
  2.   Ramuan Jamu Tekanan Darah Tinggi
  3.   Ramuan Jamu Wasir
  4.   Ramuan Jamu Radang Sendi
  5.   Ramuan Jamu Kolesterol Tinggi
  6.   Ramuan Jamu Gangguan Fungsi Hati
  7.   Ramuan Jamu Maag/Ganguuan lambung
  8.   Ramuan Jamu Batu Saluran Kencing
  9.   Ramuan Jamu Gangguan Kencing Manis
  10.   Ramuan Jamu Kebugaran
  11.   Ramuan Jamu Obesitas

 

Jangan lupa klik like dan subcibe ya, Sobat!