Jamupedia

Jamu Legendaris dari Keturunan Pembuat Jamu Keraton Yogyakarta

"Ada satu kios jamu yang sangat legendaris di Kota Yogyakarta. Konon penjualnya adalah generasi ketiga dari pembuat jamu Keraton Yogyakarta pada masa Hamengku Buwana IX. Resep jamu yang diwariskan secara turun temurun ini telah terbukti menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. "

Diterbitkan oleh : Farida  -  03/02/2021 11:32 WIB

2 Menit baca.

Ia dikenal dengan nama Bu Tari. Seorang pemilik sekaligus peracik di kios Jamu yang beralamat di Jl. RE Martadinata, Wirobrajan, Yogyakarta. Dapat dikatakan kios jamu Bu Tari adalah kios jamu legendaris di ย Yogyakarta. Setiap sore, warung ini dipenuhi dengan para pelanggan yang berikhtiar sehat dengan mengkonsumsi jamu racikan Bu Tari.

Sebelum membuka kios jamu sendiri, pada masa kecil Bu Tari ikut membantu ibunya berjualan jamu keliling. Dari ibunya yang bernama Mbok Mangun bakat dan kemampuannya meracik jamu diturunkan. Mbok Mangun sendiri merupakan anak dari seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta pada masa Hamengku Buwana IX yang merupakan peracik jamu untuk anggota keluarga keraton. Resep jamu inilah yang kemudian diturunkan kepada Mbok Mangun yang kemudian juga diturunkan kepada Bu Tari.

Kios jamu Bu Tari buka mulai pukul 17.00 hingga hingga malam, hingga dagangannya habis. Saat tim Jamupedia mampir ke kiosnya, sudah ada beberapa pelanggan yang menunggu. Para pelanggan ini datang untuk memesan jamu yang sesuai dengan keluhan mereka. Bu Tari kemudian akan meracikkan jamu sesuai dengan keluhan para pelanggan.

Berbeda dengan jamu gendong yang siap minum sehingga pelanggan tidak mengetahui proses pembuatannya, di warung Jamu Bu Tari Jamu diperas dan di racik di hadapan konsumen. Di sana kita bisa melihat panci dan baskom yang berisi bahan jamu yang sudah diparut. Bahan-bahan inilah yang nantinya akan diperas dan diracik sesuai dengan pesanan pelanggan. Rasa dari setiap bahan jamu sangat terasa karena Bu Tari memilih bahan-bahan segar dan berkualitas untuk setiap jamunya. Tak heran, jamunya memiliki rasa yang lebih kuat dan kental.

Jika berkunjung ke Jogja, sempatkanlah untuk mampir ke kios Jamu Bu Tari. Rasakan cita rasa jamu legendaris yang diwariskan turun temurun. ย Tak perlu ragu, selain higienitas dan kebersihan kiosnya, khasiat jamu Bu Tari sudah dibuktikan secara empiris oleh banyak pelanggan. Bahkan, pelanggannya tidak hanya masyarakat sekitar Jogja saja tetapi juga datang dari berbagai daerah.

 

Daftar Pustaka

https://teamtouring.net/jamu-tradisional-bu-tari-yogyakarta.html

http://nyaijampi.blogspot.com/2014/10/jamu-bu-tari.html