Jamupedia

Herba untuk Keluhan Wanita Lanjut Usia

"Jahe, kunyit, dan temu giring memiliki khasiat untuk mengatasi keluhan saat proses menopause. Ketiga jenis rimpang tersebut dapat menjaga aliran darah tetap lancar, sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan melembutkan kulit."

Diterbitkan oleh : Farida  -  13/04/2021 08:33 WIB

2 Menit baca.

Melewati usia 50 tahun, daya tahan tubuh mulai menurun. Kemampuan dan fungsi organ tubuh juga mulai menurun. Masalah kesehatan mulai sering menghampiri. Dua masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh wanita lanjut usia adalah menopause dan kepikunan.

Sumber gambar: youplushealthusa.com

Menopause merupakan proses penuaan yang secara alami dialami oleh wanita ketika memasuki usia senja. Menopause terjadi karena berkurangnya kandungan estrogen dalam tubuh. Berkurangnya kandungan estrogen pada tubuh umumnya menyebabkan wanita mengalami ketidaknyamanan, mulai dari sakit kepala hingga sulit tidur.ย 

Ketika masuk periode menopause, seorang wanita akan mengalami gejala-gejala tertentu, antara lain:

  1. Haid tidak lancar, bahkan tidak ada haid.
  2. Suhu tubuh meningkat dan banyak keringat.
  3. Berkeringat di malam hari.
  4. Gangguan emosional.
  5. Konsentrasi berkurang, sakit kepala, pegal linu, susah tidur.
Sumber gambar: wexnermedical.osu.edu

Untuk mengatasi atau mengurangi ketidaknyamanan tersebut, wanita yang mulai masuk usia senja dapat mengonsumsi obat-obatan tertentu atau mengonsumsi jamu tradisional. Wanita yang sedang dalam proses menopause dapat mengonsumsi kedelai untuk mengurangi keluhan yang terjadi. Isoflavone dalam kedelai dapat meniru peran hormon estrogen pada wanita yang berfungsi untuk mengurangi risiko gangguan emosional dan ketidaknyamanan pada tubuh.

Selain kedelai, bahan alami yang memiliki khasiat yang sama untuk mengatasi keluhan saat proses menopause adalah jahe, kunyit, dan temu giring. Ketiga jenis rimpang tersebut dapat menjaga aliran darah tetap lancar, sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan melembutkan kulit. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi masalah kepikunan jika dikombinasikan dengan pegagan dan tapak liman.

Apa sih khasiat jahe, pegagan, dan tapak liman untuk wanita lansia? Jahe berperan untuk melancarkan aliran darah ke seluruh organ tubuh. Pegagan berperan untuk meningkatkan sistem sirkulasi otak agar sirkulasi nutrisi menjadi lebih baik dan meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Sementara tapak liman berperan untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada usia senja.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsi beberapa kombinasi rimpang dan herba yang sudah disebutkan di atas, tidak ada salahnya jika Sobat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan tubuh dan mengurangi efek samping yang mungkin muncul jika mengkonsumsi bahan-bahan tersebut.

Daftar Pustaka

Tilaar, Martha. dkk. 2010.The Green Science of Jamu. Dian Rakyat. Jakarta