Jamupedia

Pandan

Pandan atau nama latinnya Pandanus Amaryllifolius adalah salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Pandan banyak tumbuh liar di tepi-tepi sungai, rawa, dan tempat-tempat yang agak lembab. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 5 m. Bahkan, di Papua tanaman ini dapat mencapai ketinggian 15 m.

Sumber gambar: www.islamituindah.info

Di Indonesia, pandan banyak dimanfaatkan untuk pewarna alami dan penambah aroma pada makanan. Selain itu, daun pandan juga sering dijadikan dekorasi dan pewangi ruangan. Dalam hal kerajinan, daun pandan banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan anyaman tikar maupun topi.

Pandan dikenal dengan berbagai nama di beberapa negara. Thailand mengenal pandan dengan sebutan bai toey. Di Vietnam, pandan dikenal dengan sebutan La dua. Di Indonesia, pandan juga dikenal dengan berbagai sebutan. Masyarakat Jawa mengenal pandan dengan sebutan pandan rampe dan pandan wangi. Di wilayah Sumatra, pandan dikenal dengan sebutan seuke bangu, pandan jau, pandan bebau, pandan rempai. Selain itu, pandan juga dikenal dengan sebutan pandan arum (Bali), bonak (Nusa Tenggara), dan pudaka (Maluku).

Klasifikasi

Kingdom : plantae

Sub kingdom : viridiplantae

Infra kingdom : streptophyta

Super divisi : embryophyta

Divisi : tracheophyta

Sub divisi : spermatophytina

Kelas : magnoliopsida

Super ordo : lilianae

Ordo : pandanales

Famili : pandanaceae

Genus : pandanus l. F.

Spesies : pandanus amaryllifolius

Morfologi

Pandan termasuk dalam kelompok tanaman perdu rendah. Tanaman ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 2 meter. Batang pandan berbentuk bulat tanpa cabang dan terdapat ruas bekas dudukan daun. Daun pandan berbentuk seperti pedang memanjang dan ujung daunnya runcing. Jenis daun pandan berupa daun tunggal dengan pangkal daun rapat memeluk batang.

Bunga pandan berupa bunga majemuk berbentuk seperti bonggol dan berwarna putih. Umumnya bunga pandan tumbuh pada bagian ujung batang atau ketiak daun. Buah tanaman pandan berbentuk seperti bola, menggantung, dengan ukuran diameter 4-7,5 cm. Buah tanaman pandan memiliki dinding berambut dan berwarna jingga.

Kandungan

Daun pandan adalah bagian yang paling banyak dimanfaatkan. Daun pandan memiliki beberapa kandungan zat bermanfaat bagi tubuh, antara lain polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, serta alkaloid.  Selain itu, daun pandan juga mengandung vitamin A dan zat besi. 

Manfaat

  1. Mengobati nyeri sendi
  2. Mengontrol kadar gula dalam darah
  3. Mengatasi hipertensi
  4. Menghilangkan ketombe
  5. Mengobati diare
  6. Mengatasi diabetes
  7. Meningkatkan nafsu makan

Pandan untuk Pengobatan 

  • Mengatasi tekanan darah tinggi/ hipertensi

Siapkan 3 gr daun pandan dan air 2-3 gelas. Rebus daun pandan dengan air yang sudah disiapkan hingga mendidih. Saring dan tunggu hingga menjadi lebih dingin untuk siap dikonsumsi. Konsumsi air rebusan pandan 2x, pagi dan malam.

  • Mengatasi ketombe

Siapkan daun pandan secukupnya. Cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Oleskan tumbukan daun pandan ke kulit kepala yang berketombe secara merata. 

  • Meningkatkan nafsu makan

Siapkan 3 helai daun pandan dan 3 gelas air. Rebus daun pandan hingga mendidih dan volume air menjadi berkurang menjadi satu gelas. Saring air rebusan dan tunggu hingga dingin untuk siap dikonsumsi. Konsumsi air rebusan daun pandan 2x sehari untuk memperoleh hasil maksimal.

Funfact

  • Pandan memiliki zat antikanker jika dikonsumsi secara rutin. 
  • Ada 700 jenis pandan. Di Pulau Jawa, ada 16 jenis pandan. 
  • Pada awal abad ke-20 Tangerang menjadi salah satu sentra produksi kerajinan pandan di Indonesia dan telah dipasarkan hingga Amerika Serikat, Belanda, dan beberapa negara Asia.