Jamupedia

Atasi Batuk dengan Bawang Putih

"Batuk adalah penyakit pada jalan pernapasan atau paru-paru yang kerap menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan sehingga merangsang penderita untuk mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Batuk menyerang semua orang hampir di segala rentang usia, baik laki-laki maupun perempuan."

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  26/06/2020 11:11 WIB

3 Menit baca.

Batuk merupakan respon alami tubuh jika ada gangguan dari luar yang masuk ke dalam tubuh. Batuk menjadi cara alami bagi tubuh untuk membersihkan lendir atau gangguan penyebab batuk agar ke luar dari tubuh. 

Batuk dapat menyerang siapa saja. Baik anak kecil, maupun orang dewasa. Meski demikian, anak-anak memang lebih rentan terserang batuk karena daya tahan tubuh yang belum sempurna. Selain itu, anak-anak juga belum memiliki kontrol diri untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menjadi pemicu batuk, seperti permen, es krim, makanan ringan, atau lainnya. 

Umumnya batuk ringan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan khusus. Meski demikian, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan batuk atau mengurangi efek akibat batuk agar tidak menimbulkan sakit yang lebih parah. Salah satu bahan alami untuk mengobati batuk ringan adalah bawang putih. 

Bawang putih mengandung antiseptik, antibakteri, kalsium, dan anti kolesterol yang sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab batuk. Selain itu, bawang putih juga mengandung bermacam vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Nah, berikut adalah resep dan cara pembuatan obat tradisional untuk mengobati batuk.

Bahan:

  1. Bawang putih 20 gr
  2. Susu cair 250 cc

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih bawang putih.
  2. Tumbuk hingga halus bawang putih.
  3. Panaskan susu cair.
  4. Campur bawang putih dengan susu.
  5. Konsumsi ketika hangat.

Bagaimana, mudah kan? Sobat dapat mencoba membuat ramuannya saat batuk melanda. Selain nguri-uri budaya, dengan pengobatan tradisional kita juga bisa meminimalisir efek samping penggunaan obat kimia dalam jangka waktu yang panjang. Stay Healty, Sob!

Daftar Pustaka

Suparni, dan Ari Wulandari. 2012.  Herbal Nusantara. 1001 ramuan tradisional asli Indonesia. Rapha Publishing. Yogyakarta.

https://kumparan.com/kumparanfood/makan-bawang-putih-sampai-minum-teh-5-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-1swmAOOAJvG

https://www.alodokter.com/kebiasaan-anak-yang-dapat-memicu-batuk-pilek

https://www.halodoc.com/masih-masa-pertumbuhan-mengapa-anak-sering-flu-dan-batuk

https://parenting.orami.co.id/magazine/6-makanan-dan-minuman-yang-memicu-batuk-pada-anak/