Jamupedia

Wow, Ternyata Bandrek Bisa Jadi Penurun Kadar Gula Darah!

"Tak disangka, dari segelas bandrek memiliki banyak sekali manfaat. Minuman tradisional asli Indonesia yang kerap diminum untuk menghangatkan badan ini ternyata juga berkhasiat mengontrol kadar gula dalam darah."

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/02/2020 07:50 WIB

2 Menit baca.

Sobat, bandrek merupakan salah satu jenis minuman asli Indonesia, tepatnya berasal dari Tatar Sunda. Bandrek memiliki rasa yang sangat khas, yaitu manis dan pedas. Rasa pedas pada bandrek muncul karena bahan dasarnya terdiri dari jahe, serai, ketumbar, cengkih, kapulaga, dan lada. Sedangkan rasa manisnya, berasal dari gula aren atau susu, yang juga kerap ditambahkan sebagai salah satu resep alternatif.

Banyaknya jenis rempah dalam wedang bandrek inilah yang memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Wedang bandrek jika diminum tanpa gula dipercaya memiliki khasiat luar biasa bagi penderita diabetes, sebagai pengontrol kadar gula dalam darah. Ingat, tanpa gula ya!??

Pada umumnya, penderita diabetes akan disarankan untuk menggunakan insulin atau berbagai jenis obat pengontrol kadar gula dalam darah. Akan tetapi, dalam jangka panjang proses pengobatan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Penderita diabetes mungkin bisa mengonsumsi wedang bandrek sebagai salah satu alternatif pengontrol gula dalam darah.?

Sobat, kalian bisa menikmati wedang bandrek setiap saat dan setiap waktu di rumah. Berikut adalah bahan dan cara membuat wedang bandrek:

Bahan:

  1. gula merah 400 gr
  2. jahe 200 gr
  3. cengkih 10 butir
  4. kayumanis 1 lembar
  5. kapulaga 5 buah
  6. garam 5 gr
  7. daun pandan (sesuai selera)
  8. daging kelapa 1 buah (sesuai selera)
  9. air 2 liter

Cara membuat:

  1. cuci dan kupas jahe, kemudian dibakar dan digeprek
  2. rebus air hingga mendidih
  3. Masukkan jahe, kayumanis, kapulaga, cengkih, dan daun pandan pada air yang sudah mendidih. Rebus semua bahan selama kurang lebih 15 menit (nyala api kecil). Sembari menunggu mendidih, masukkan gula kelapa dan garam hingga larut dan mendidih.
  4. Serut daging kelapa ke dalam gelas (banyaknya sesuai selera).
  5. Saring air rebusan ke dalam gelas yang sudah terdapat serutan kelapa.
  6. Tunggu hingga wedang bandrek menjadi lebih hangat untuk siap disajikan.?

 

Daftar Pustaka:

Sunaryo, Endang S. 2015. Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

https://manfaat.co.id/manfaat-minum-bandrek (diakses pada tanggal 3 November 2019).