Jamupedia

Atasi Radang Gusi dengan Asam Kandis

"Gusi berdarah, gangguan pada gigi, dan napas yang bau adalah tiga dampak dari masalah radang gusi. Selain itu, radang gusi dapat menjadi infeksi gusi dan menyerang jaringan lunak serta tulang penyangga gigi. Radang gusi bisa menjadi penyakit yang serius jika tidak diatasi dengan serius"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  21/03/2020 19:13 WIB

2 Menit baca.

Tidak banyak masyarakat yang paham perbedaan sakit gigi dan radang gusi. Mereka beranggapan bahwa sakit apapun yang muncul pada rongga mulut adalah sakit gigi. Padahal, dua sakit tersebut sangat berbeda. Radang gusi adalah radang yang terjadi pada gusi kita dan biasanya ditandai dengan gusi memerah. Selain itu, akan muncul rasa nyeri ketika mengunyah makanan. Berbeda dengan radang gusi, sakit gigi adalah kondisi nyeri yang ada di sekitar gigi dan rahang kita. Rasa nyeri akibat sakit gigi pun bervariasi dan biasanya terasa dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada beberapa penyebab terjadinya radang gusi, antara lain kurangnya asupan nutrisi, kesehatan mulut kurang terjaga, sisa makanan yang banyak menempel pada permukaan gigi, perubahan hormon, menurunnya sistem imun, dan pernah mengidap diabetes. Untuk mencegah terjadinya radang gusi sobat dapat memulainya dengan menjaga kebersihan mulut.

 

Namun, jika sudah terlanjur terkena radang gusi, biasanya dokter akan menyarankan kita untuk membersihkan karang gigi, menambal gigi berlubang, membersihkan sela-sela gigi dengan benang, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik. 

 

Nah, selain saran secara medis tersebut, sobat juga dapat menggunakan alternatif pengobatan tradisional dengan asam kandis untuk mengobati radang gusi, lho. Caranya sangat mudah, cukup siapkan dua buah asam kandis kemudian haluskan. Setelah itu, tempelkan beberapa saat pada gusi yang mengalami peradangan. Selanjutnya, kumur-kumur dengan air hangat untuk membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan dan asam kandis.

 

Mudah kan, sobat? 

 

Daftar Pustaka

Wahyu, Ami dan Gagas Ulung. 493 Resep Ramuan Herbal Berkhasiat: untuk Cantik Alami Luar Dalam. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

https://www.alodokter.com/radang-gusi

https://www.halodoc.com/kesehatan/radang-gusi

https://www.halodoc.com/3-dampak-radang-gusi-bagi-tubuh

https://www.alodokter.com/sakit-gigi