Jamupedia

Atasi Radang Amandel dengan Mengkudu

"Mengkudu barangkali sudah menjadi tanaman langka yang hanya bisa kita temui di desa-desa. Mengkudu atau sering juga disebut dengan nama pace biasanya tumbuh liar dan tidak banyak dimanfaatkan. Buah mengkudu akan busuk dan jatuh dari pohonnya tanpa ada yang memanfaatkannya. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat tidak tahu akan manfaat buah mengkudu. Sebagian besar dari mereka masih berpikiran bahwa manfaat mengkudu hanya sebagai kalung untuk mengobati gondongan. Padahal, pace mengandung selenium, magnesium, glutamate, nutrisi, dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  24/03/2020 16:58 WIB

2 Menit baca.

Salah satu ciri mengkudu adalah aroma tidak enak dan wujud yang cukup jelek. TMeski begitu, dibalik aroma dan bentuknya yang tidak  menarik, kita bisa memanfaatkan kandungan zat dalam mengkudu sebagai obat radang amandel lho. Sobat cukup menyediakan 3 buah mengkudu matang dan madu 1 sendok makan.

 

Caranya, cuci bersih buah mengkudu hingga bersih dan parut ketiga buah tersebut. Selanjutnya, peras parutan mengkudu menggunakan saringan lembut atau kain. Jangan lupa air perasan ditempatkan pada gelas. Setelah itu, campur air perasan dengan madu yang sudah disiapkan. Aduk hingga rata dan obat amandel siap untuk dikonsumsi. Takaran untuk mengonsumsi ramuan ini cukup sehari sekali.

 

Jika sobat sedang mengalami amandel, sobat bisa segera mencoba ramuan ini di rumah.  Jika kondisi tak juga membaik, segera konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.  

 

Daftar Pustaka

Faiha’, Andari dan Lastika Saraswati. 2019. Sehat dan Bugar dengan Obat Herbal. Yogyakarta: Penerbit Briliant.