Jamupedia

Atasi Ketombe dengan Kecubung

"Meski terlihat kecil dan sepele, tapi masalah ketombe tidak bisa diabaikan begitu saja. Bayangkan, jika dalam sebuah acara resmi, tangan kita aktif menggaruk kepala yang terasa gatal karena ketombe. ?Salju? putih berterbangan mengotori kemeja hitam yang tengah kita kenakan. Setelah itu, rambut kita pun menjadi berantakan. Secara tidak langsung, masalah ketombe jelas akan memengaruhi tingkat kepercayaan diri di hadapan orang lain"

Diterbitkan oleh : Kurnia HD  -  10/02/2020 08:13 WIB

2 Menit baca.

Ketombe adalah pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala yang berbentuk serpihan putih atau abu-abu. Sebenarnya, pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala ini adalah hal yang normal jika jumlahnya hanya sedikit. Tetapi, karena sebab tertentu, pengelupasan terjadi terlalu cepat dan dalam jumlah yang terlalu berlebih. Ketombe menyebabkan rambut menjadi gatal dan tidak nyaman sehingga mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang.

 

Hal apapun akan dilakukan untuk menghilangkan ketombe, mulai dari keramas menggunakan sampo dari berbagai merek hingga melakukan perawatan rambut yang cukup menguras isi dompet. Upaya lain yang sering dilakukan untuk menghilangkan ketombe yaitu membatasi makanan tinggi gula, membatasi penggunaan produk perawatan rambut tertentu, kelola stres dengan baik, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B.

Sobat, kalian juga dapat menggunakan alternatif lain lho untuk menghilangkan ketombe, yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Sobat cukup menyiapkan 2-3 lembar daun kecubung kemudian menumbuknya hingga halus. Setelah itu, gosokan pada kulit kepala yang terkena ketombe. Lakukan terapi ini secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Sangat mudah bukan? Tapi, perlu sobat ingat, ramuan ini digunakan sebagai obat luar saja. Sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan cara dimakan atau dibuat minuman.?

 

Daftar Pustaka

Andrian, Felix dan Setiawan Dlimartha. Ramuan Herbal Tumpas Penyakit. 2013. Jakarta: Penebar Swadaya.

https://www.alodokter.com/ketombe