Jamupedia

Simpel & Bermanfaat, Begini Cara Membuat Wedang Uwuh

"Memiliki segudang manfaat herbal, wedang uwuh cocok untuk meningkatkan imun tubuh, terutamaa saat pandemi dan pancaroba"

Diterbitkan oleh : administrator  -  12/11/2021 16:15 WIB

0 Menit baca.

Indonesia memiliki beragam minuman tradisional yang dipercaya memiliki khasiat obat. Salah satunya yang cukup populer adalah Wedang Uwuh. Minuman yang memiliki arti harfiah ‘minuman sampah’ ini sudah sejak zaman dahulu dikonsumsi, terutama di Pulau Jawa. Manfaatnya mulai dari menghangatkan tubuh hingga meningkatkan sistem imun dan menurunkan hipertensi. 

Sumber: goodlife.id

Wedang Uwuh berasal dari daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Nama wedang uwuh sendiri diambil dari tampilannya yang mencampurkan dan menyeduh berbagai jenis rempah dan herbal tanpa dihaluskan atau dipotong kecil-kecil. Kalau orang Jawa menyebutnya jadi mirip tumpukan uwuh, sampah daun kering.

Asal muasal wedang uwuh disebut dari Imogiri bukannya tanpa alasan. Hal itu berhubungan dengan cerita yang terjadi pada masa Kerajaan Mataram saat dipimpin Sultan Agung Hanyakrakusuma. Dikutip dari laman Kompas.com, diceritakan dahulu kala Sultan Agung melakukan perjalanan untuk mencari tempat pemakaman keluarga raja.

Lokasi terpilih adalah sebuah bukit yang berlokasi di Imogiri. Sultan Agung diceritakan melakukan pertapaan di lokasi tersebut untuk memastikan tempat tersebut cocok sebagai tempat peristirahatan terakhir. Saat bertapa, pada malam hari Sultan Agung meminta pengawalnya untuk membuatkan minuman yang menghangatkan tubuh. Karena disajikan saat malam hari, minuman tersebut kemasukan beberapa ranting dan daun kering dari pohon di sekitar tempat bertapa. Sultan Agung menganggap minuman itu enak dan menyuruh pengawalnya membuat lagi minuman yang sama persis. Dari situ sang pengawal meneliti satu persatu apa saja rempah dan daun kering yang ada di minuman tersebut. Dari situlah tercipta wedang uwuh yang kini populer.

 

Cara Membuat Wedang Uwuh

Cara membuat wedang uwuh sangatlah mudah. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti jahe, kayu secang, kayu manis, daun pala, dan cengkeh. Setelah semua bahan terkumpul, terlebih dahulu bakar jahe. Setelah dibakar dan dibersihkan, iris jahe kecil-kecil atau geprek hingga pipih. 

Sumber: twitter.com

Rebus jahe yang sudah dipotong-potong atau digeprek hingga keluar sarinya. Masukan bahan-bahan lain secara bergantian. Rebus semuanya selama kurang lebih 10 menit hingga warna air berubah kemerahan. Sebelum dituang ke dalam gelas, taruh gula batu secukupnya di dasar gelas agar wedang uwuh terasa manis dan segar. Untuk pemanis, Sobat bisa menggunakan bahan lain sesuai keinginan seperti menggunakan madu atau pemanis herbal lainnya.

Jika Sobat merasa kesulitan saat mencari semua bahan-bahan untuk membuat wedang uwuh, Sobat bisa mencari produk paket wedang uwuh siap seduh yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Dengan produk tersebut Sobat bisa membuat wedang uwuh sesuai porsi yang diinginkan.

Manfaat Wedang Uwuh

Kombinasi herbal yang dipakai di wedang uwuh membuat minuman itu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari laman Food Detik, selain menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki sifat antikoagulan yang mengurangi penyumbatan darah, mengatasi hipertensi, dan diklaim mampu menambah nafsu makan.

Bahan lain seperti daun pala dan cengkeh juga sangat bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti inflamasi. Minyak atsiri yang dikandung dua bahan tersebut mampu menormalkan tekanan darah dan melegakan tenggorokan.

Bagi Sobat yang mungkin sedang flu, coba saja mengonsumsi wedang uwuh. Meski bukan obat utama untuk meringankan flu, setidaknya kayu manis yang ada di wedang uwuh bisa meringankan gejala flu.

Wedang Uwuh juga mengandung anti-oksidan yang mampu membunuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Manfaat tersebut salah satunya didapat dari Kayu Secang. Saat cuaca sedang tidak menentu, wedang uwuh bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Belum percaya dengan manfaat wedang uwuh? Coba dulu deh dan rasakan manfaatnya.

Keyword: Minuman tradisional, cara membuat wedang uwuh, wedang uwuh berasal dari daerah