Jamupedia

Begini Cara Turunkan Demam Secara Alami

"Baru-baru ini kita dihebohkan dengan kasus gagal ginjal misterius yang menjadi penyebab kematian sejumlah anak di Indonesia. Melalui investigasi dan penelitian lebih lanjut, pada Kamis (20/10) BPOM telah merilis 5 obat sirop anak yang ternyata mengandung etilen glikol di atas batas aman dan memerintahkan industri farmasi terkait untuk menarik peredaran obat sirop ini di seluruh Indonesia."

Diterbitkan oleh : Farida  -  21/10/2022 16:24 WIB

3 Menit baca.

Demam adalah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh melebihi batas normal, yaitu di atas 37,2 derajat celcius jika diukur dari ketiak dan 37,8 jika diukur melalui mulut. Pada kebanyakan kasus, demam bukan kondisi berbahaya. Demam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang aktif melawan infeksi. Namun, demam juga bisa terjadi akibat penyakit serius yang tak boleh disepelekan.

Sumber: https://www.rsabhk.co.id/

Demam yang terjadi pada anak seringkali membuat orang tua merasa cemas. Daya tahan tubuh si kecil yang belum sebaik orang dewasa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang tua. Terlebih pada saat demam, si kecil lebih rewel dan ingin digendong terus. Dalam kondisi seperti ini, biasanya orang tua ingin segera memberikan obat penurun panas agar panas si kecil lekas turun dan tidak rewel lagi.

Untuk menurunkan demam anak, sebaiknya jadikan obat kimia sebagai pilihan terakhir. Ada beberapa cara yang bisa Ayah Bunda lakukan terlebih dahulu untuk menurunkan demam sebelum memberikan obat penurun panas pada anak. Pertama, pastikan asupan cairan si kecil cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Kedua, kompres bagian lipatan-lipatan tubuh dengan air hangat untuk mendorong panas tubuh keluar. Ketiga, kenakan pakain tipis dan jaga suhu ruangan tetap sejuk. Ketiga, aplikasikan obat tradisional untuk menurunkan demam.

Obat tradisional penurun demam yang familiar digunakan masyarakat adalah bawang merah. Dikutip dari orami.co.id, Bawang merah bisa meredakan panas si kecil karena bawang merah mengandung organosulfur yang mempunyai sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kandungan organosulfur dalam bawang merah ini sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional demam, flu, batuk, dan pilek. Bawang merah juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti zink, magnesium, folat, zat besi, dan fosfor.

Pemakaian bawang merah untuk menurunkan demam cukup sederhana. Dikutip dari buku Sapu Bersih Semua Penyakit dengan Ramuan Tradisional, pemakaian bawang merah untuk obat penurun demam tidak membutuhkan teknik khusus. Ayah Bunda cukup menyiapkan bahan berikut.

  • Empat butir bawang merah
  • 1 Buah jeruk nipis
  • 1 sdm minyak kelapa

Caranya, tumbuk bawang merah hingga halus lalu campur rata semua bahan dengan minyak kelapa. Balurkan atau kompreskan bahan tersebut pada ubun-ubun si kecil.

Bagaimana, mudah kan? Tetap tenang saat si kecil demam dan jangan buru-buru memberikan obat kimia ya Ayah Bunda.