Jamupedia

Mengenal Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

"Ada begitu banyak tanaman di lingkungan sekitar kita. Ada beberapa yang termasuk tanaman hias, ada yang termasuk tanaman peneduh, ada yang termasuk tanaman obat, dan lain sebagainya. Eits, ternyata nggak semua tanaman di sekitar kita menguntungkan dan memberi manfaat, lho. Ada juga yang justru berbahaya. Yuk kita kenali bersama."

Diterbitkan oleh : administrator  -  18/08/2020 08:47 WIB

2 Menit baca.

Tanaman memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal ini disebabkan karena tanaman merupakan dasar rantai makanan dan merupakan sumber oksigen bagi manusia. Namun ternyata tak semua tanaman memiliki sifat yang menguntungkan, ada juga yang merugikan. Misalnya, akar tanaman dapat merusak bangunan, tanaman yang tumbuh liar dan menjadi tanaman pengganggu, ataupun reaksi racun yang terkandung di tanaman berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu kita harus mengenali apa saja jenis tanaman berbahaya yang harus kita hindari. 

 

Sumber gambar: narasidesign.com

Tanaman berbahaya atau beracun dapat ditemukan dalam berbagai jenis, mulai dari tanaman hias, tanaman peneduh, tanaman sayuran, buah-buahan, semak perdu dan banyak lainnya. Tanaman tersebut ada yang sudah dibudidayakan dan ada juga yang belum, lho. Oleh karena itu kita harus mengenali betul tanaman yang ada di sekitar kita.

Untuk menjaga agar kita terhindar dari bahaya tanaman tertentu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Kenalilah tanaman di sekitar kita.
  2. Hindari menanam tanaman yang menghasilkan buah atau bunga berwarna tajam yang belum dikenal dengan baik.
  3. Hindari menanam tanaman berbahaya di halaman atau tempat yang mudah dijangkau terutama oleh anak-anak.
  4. Jika terpaksa menanam tanaman berbahaya, pastikan jauh dari jangkauan, terutama anak-anak.
  5. Berilah peringatan pada anggota keluarga atau berilah sebuah tanda di sekitar taman jika tanaman itu berbahaya.

Nah, kurang lebih seperti itu ya Sobat. Mengapa kita harus mengenal tanaman di sekitar kita? Apa saja tanaman berbahaya? Baca seri artikel mengenal tanaman berbahaya berikut!

Sumber: 

Departemen Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2009. Mengenal Tumbuhan Berbahaya di Sekitar Kita. Tawangmangu: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obatan Tradisional

 

Gangguan Kesehatan Akibat Tanaman Berbahaya

Alamanda yang Bisa Bikin Alergi

Jangan Sampai Termakan, Daun Sri Rejeki Mengandung Racun

Tapak Dara: Si Cantik Berkhasiat yang Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Tembakau Bisa Jadi Obat Tetapi Jangan Dihisap